Arab Saudi Kirim 32 Truk Bantuan Makanan ke Yaman

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 27 Nov 2017 15:56 WIB
konflik yaman
Arab Saudi Kirim 32 Truk Bantuan Makanan ke Yaman
Petugas menurunkan paket bantuan di sebuah bandara di Sanaa, Yaman, 25 November 2017. (Foto: AFP/MOHAMMED HUWAIS)

Sanaa: Badan bantuan Arab Saudi mengirimkan 32 truk yang membawa 791 ton makanan ke Yaman. Bantuan ini didistribusikan pada Minggu 26 November untuk dibagikan kepada keluarga yang membutuhkan di wilayah Marib, sebelah timur Sanaa.

Bantuan tersebut akan dibagikan dalam beberapa hari ke depan, sesuai jadwal yang disiapkan Komite Bantuan Tinggi Yaman dan mitra lokal.

Dilansir laman Al Arabiya, Senin 27 November 2017, bantuan tersebut masuk dalam sebuah proyek yang mendistribusikan 49 ribu keranjang makanan. Nantinya, makanan itu akan dialokasikan ke lima wilayah Yaman, termasuk Sanaa, Marib, Jouf, Al-Bayda dan Hadramout sebagai perluasan proyek bantuan kemanusiaan.

Bantuan-bantuan ini diberikan Pusat Bantuan dan Kemanusiaan Raja Salman bagi orang-orang yang ada di Yaman.

Direktur Regional UNICEF untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Geert Cappelaere, menyebutkan dalam sebuah konferensi pers di Yordania bahwa lebih dari 11 juta anak-anak di Yaman butuh pertolongan. Dia menambahkan, Yaman menjadi salah satu negara terburuk bagi anak-anak.

"Kami memperkirakan bahwa setiap 10 menit ada seorang anak di Yaman menderita penyakit yang tak bisa diobati," serunya.

Cappelaere menyebut ada pesawat bantuan yang dikirim UNICEF ke Sanaa. Pesawat itu dipenuhi obat-obatan dan makanan untuk lebih dari 6.000 anak-anak.

"Ada kebutuhan untuk memvaksinasi 600 ribu anak di seluruh Yaman. Mereka hidup berdampingan dengan difteri, meningitis, batuk, pneumonia dan tuberkulosis," imbuhnya.

Dia menunjukkan bahwa ada beberapa daerah di Yaman yang sulit dijangkau, namun UNICEF akan berusaha keras memberikan bantuan ke semua wilayah.



(WIL)