Antonio Guterres Siap Jadi Sekjen PBB

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 07 Oct 2016 21:32 WIB
pbb
Antonio Guterres Siap Jadi Sekjen PBB
Antonio Guterres. (TIME)

Metrotvnews.com, New York: Mantan Perdana Menteri Portugal, Antonio Guterres siap menjadi Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) ke-9 menggantikan Ban Ki Moon yang akan lengser pada akhir 2016.

Pemilihan Guterres sebagai pengganti Ban telah disepakati oleh 15 negara anggota Dewan Keamanan PBB pada Kamis pekan ini dan Majelis Umum akan bertemu minggu depan untuk mengesahkan kepemimpinannya. 

Duta Besar Rusia, Vitaly Churkin, berharap, dewan memiliki suara bulat untuk memilih Gutteres. Dalam jajak pendapatan keenam Guterres merupakan kandidat favorit dewan.

"Hari ini setelah jajak pendapat keenam kami, kami memiliki favorit yang jelas dan namanya adalah Antonio Guterres," kata Churkin seperti yang dikutip Reuters, Jumat (7/10/2016).

Churkin juga berharap setelah terpilihnya Guterres agar dapat melaksanakan tugas sebagai Sekjen PBB untuk lima tahun kedepan. 

"Semoga Pak Guterres juga dalam melaksanakan tugasnya sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk lima tahun ke depan," ujar Churkin.

Dewan Keamanan PBB telah mengadakan jajak pendapat informal secara rahasia sejak Juli lalu dalam upaya mencapai konsensus terkait pemilihan kandidat. Anggota voting memiliki tiga pilihan yakni mendukung, tidak mendukung, dan tidak memilih.

Guterres didukung 13 anggota Dewan Keamanan PBB memilih mendukungnya dan dua sisanya memilih abstain atau tidak memilih.

Menurut Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Samantha Power, kandidat yang memiliki pengalaman, visi, dan misi mumpunilah yang bisa terpilih. Guterres diharapkan mampu menangani ancaman-ancaman trans-nasional dan membuat kinerja PBB menjadi lebih baik lagi.

Berdasarkan laporan, salah satu dari lima negara pemegang hak veto yakni Rusia, China, AS, Perancis, dan Inggris, memutuskan tidak memilih dalam pencalonan Guterres. 

Namun, Dewan Keamanan akan mengadopsi sebuah resolusi yang merekomendasikan kepada Majelis Umum agar secara resmi menunjuk Guterres sebagai Sekjen untuk lima tahun ke depan terhitung 1 Januari 2017. Resolusi itu pun membutuhkan setidaknya sembilan suara pendukung tanpa veto untuk bisa diadopsi.

"Kami berharap bisa mencapai suara aklamasi," ucap Churkin.


(LDS)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA