Livestreaming

Seekor Hiu Bunuh Peselancar Australia di Kaledonia Baru

Willy Haryono    •    Selasa, 06 Sep 2016 17:24 WIB
Seekor Hiu Bunuh Peselancar Australia di Kaledonia Baru
Papan peringatan bahaya dipasang di pulau La Reunion pada 28 Agustus 2016, satu hari setelah seorang pemuda diserang hiu di perairan tersebut. (Foto: AFP/RICHARD BOUHET)

Metrotvnews.com, Noumea: Seekor hiu membunuh seorang peselancar layang atau kitesurfer di Kaledonia Baru, Selasa (6/9/2016). Ini merupakan serangan fatal kedua di perairan Pasifik Selatan dalam enam bulan terakhir. 

"Pria berusia 50-an itu sedang bermain selancar layang di Koumac. Dia jatuh dan digigit (hiu)," kata Nicolas Renaud, kepala pusat koordinasi penyelamatan laut Kaledonia Baru kepada AFP

Korban asal Fremantle yang belum teridentifikasi itu diketahui berselancar bersama sejumlah orang di wilayah karang. Saat mengetahui ada yang tidak beres, para peselancar di sekitar lokasi segera menghubungi petugas. 

Sebuah kapal penyelamat dikirim ke lokasi, namun kru tidak berhasil menyelamatkan korban. 

"Dia menderita luka parah di bagian paha akibat gigitan hiu besar. Kami belum tahu hiu jenis apa itu," tutur Renaud. 

Serangan hiu berujung kematian terakhir kali terjadi di New Kaledonia pada April. Ketika itu, seorang wanita tewas digigit hiu di perairan Poe. 

Terdapat 98 serangan hiu di kancah global tahun lalu. Menurut tim peneliti di Universitas Florida, jumlah tersebut adalah yang terbesar sejak serangan hiu mulai didokumentasikan pada 1958. Enam dari 98 serangan itu berujung kematian. 


Peselancar ternama Mick Fanning nyaris diserang hiu di perairan Afrika pada 2015. (Foto: AFP)

Sejumlah teori mengenai mengapa serangan hiu terhadap manusia meningkat pun bermunculan. Salah satunya adalah meningkatnya temperatur air laut akibat perubahan iklim, yang membuat hiu mengubah kebiasaan makannya selama ini. 

Teori lainnya adalah pengaruh dari fenomena El Nino dan semakin populernya olahraga air seperti selancar layang.
(WIL)

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton
Debat Capres AS 2016

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton

4 hours Ago

Jumlah tersebut mengalahkan rekor debat capres Ronald Reagan dengan Jimmy Carter pada 1980. 

BERITA LAINNYA