Saran Jurnalis Senior untuk Mahasiswa Indonesia yang Kuliah di Luar Negeri

Kautsar Widya Prabowo    •    Kamis, 08 Feb 2018 08:56 WIB
kerja samabeasiswa
Saran Jurnalis Senior untuk Mahasiswa Indonesia yang Kuliah di Luar Negeri
Marissa Anita saat menghadiri temu alumni pascasarjana beasiswa Chevening dari Indonesia, di Hotel Le Meridien, Jakarat, Rabu 7 Febuari 2018. Foto: Medcom.id/ Kautsar Widya Prabowo.

Jakarta: Jurnalis senior Marissa Anita membagikan saran untuk berhasil mendapat beasiswa sekolah ke luar negeri. Hal yang terpenting menurut perempuan yang berhasil mengambil jurusan Digital Media and Society di Loughborough University ialah niat.

"Pertama niat kesana mau jalan-jalan atau mau sekolah, kalau jalan-jalan saat membuat essay tidak akan fokus. Kedua menulis Academic Writing harus bisa, dengan menggunakan bahasa Inggris, karena kalau ilmu sosial akan menulis essay, essay dan essay lagi, ketiga adalah banyak membaca buku," kata Marisa saat menghadiri temu alumni pascasarjana beasiswa Chevening dari Indonesia, di Hotel Le Meridien, Jakarat, Rabu 7 Febuari 2018.

Baca: Beasiswa Chevening Jadi Jembatan Kerja Sama Inggris dengan Indonesia

Alumnus beasiswa Chevening ini mengungkapkan pentingnya mengusai bahasa Inggris. Karena menurut Marisa, jika tidak menguasai bahasa inggris, akan menyulitkan saat proses belajar.

"Saya banyak lihat mahasiswa negara-negara luar yang kemampuan bahasa Inggrisnya kurang, alhasil ketika di ruang kelas mereka akan tanya kepada saya, hal tersebut membawa dampak pada nilai yang mereka hasilkan," jelas Marisa. 

Sebelumnya Marissa memperoleh beasiswa Chevening pada tahun 2016. Beasiswa tersebut diberikan oleh Pemerintah Inggris yang telah menarik minat banyak pelajar dari Indonesia. Tercatat, Indonesia adalah negara keempat terbesar yang mempunyai minat terhadap beasiswa Chevening setelah India, Tiongkok, dan Brazil.

Baca: Inggris Akan Tambah Kuota Beasiswa Chevening untuk Indonesia


(DEN)


Menlu AS Temui Raja Salman Bahas Jurnalis Hilang

Menlu AS Temui Raja Salman Bahas Jurnalis Hilang

4 hours Ago

Pompeo berterima kasih kepada Raja Salman karena mendukung penyelidikan transparan pencarian Jamal…

BERITA LAINNYA