Turki akan Gelar KTT OKI mengenai Mediasi di Istanbul

   •    Senin, 20 Nov 2017 15:19 WIB
turkiktt oki
Turki akan Gelar KTT OKI mengenai Mediasi di Istanbul
Wamenlu Turki Ahmet Yildiz. (Foto: AFP/STRINGER)

Ankara: Turki akan menggelar Konferensi Negara-Negara Anggota Organisasi Kerja Sama Islam mengenai Mediasi di Istanbul pada 21 November 2017. Pertemuan ini merupakan bentuk kontribusi upaya membangun kapasitas OKI di bidang mediasi. 

Bertemakan "Surge in Mediation: The Role of the OIC," konferensi yang digelar atas kolaborasi dengan Sekjen OKI akan dibuka Wakil Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Yildiz dan Asisten Sekjen OKI untuk Urusan Politik, Abdallah Alim. 

Konferensi digelar Turki dengan mempertimbangkan bahwa resolusi damai dan mediasi sebagai dua kunci dalam menyelesaikan berbagai masalah di level regional maupun internasional. 

Ankara menilai pendekatan yang lebih erat dalam hal mediasi oleh organisasi regional dapat memberikan efek positif pada perdamaian dan stabilitas secara keseluruhan. 

September lalu, KTT OKI berlangsung di Astana, Kazakhstan. KTT tersebut merupakan kali pertama yang membahas Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi.

Dalam acara tersebut, Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla terus mendorong seluruh negara, termasuk negara anggota untuk melakukan pendekatan konstruktif untuk membantu seluruh penduduk di Rakhine State.



(WIL)