Kepala Garda Revolusi Iran Incar Penyebar Hasutan Aksi Protes

Fajar Nugraha    •    Kamis, 04 Jan 2018 10:57 WIB
politik iran
Kepala Garda Revolusi Iran Incar Penyebar Hasutan Aksi Protes
Protes warga Iran yang mengkritik kenaikan harga barang dan isu korupsi (Foto: SBS).

Teheran: Kepala Garda Revolusi Iran mendesak diakhirinya penghasutan yang memicu aksi protes antipemerintah. Imbauan ini dikeluarkan di saat aksi protes masih terus berlangsung.
 
Jenderal Mohammad Ali Jafari mengatakan, Garda Revolusi hanya bisa mengintervensi melalui jalur yang terbatas. Khususnya upaya itu dilakukan terhadap sekitar 15 ribu 'pengacau' di seluruh negeri.
Jafari menambahkan bahwa hingga saat ini sejumlah besar orang sudah ditangkap oleh pihak keamanan Negeri Paramullah.
 
"Hari ini, kami umumkan diakhirinya tindakan penghasutan," tegas Jenderal Jafari, seperti dikutip AFP, Kamis 4 Januari 2018.
 
"Sejumlah besar pengacau yang menjadi otak penghasutan dan menerima pelatihan dari pihak yang menentang revolusi, sudah ditangkap dan akan diambil tindakan terhadap mereka," imbuh Jafari.
 
Bagi Jafari, mereka yang berada di belakang protes sudah diatasi secara luas melalui sosial media. Ketika pelarangan dilakukan, masalah pun berkurang.
 
Deklarasi Jafari dilontarkan setelah protes besar dilakukan oleh para pendukung pemerintahan Presiden Hassan Rouhani. Dalam aksi protes itu, massa pendukung pemerintah melontarkan 'hukuman untuk para penghasut'.



(FJR)