Teroris Serang Restoran di Burkina Faso, 17 Orang Tewas

Sonya Michaella    •    Senin, 14 Aug 2017 09:58 WIB
penyeranganburkina faso
Teroris Serang Restoran di Burkina Faso, 17 Orang Tewas
Ilustrasi by Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Ouagadougou: Setidaknya 17 orang dinyatakan tewas setelah tiga orang bersenjata menyerang sebuah restoran yang terletak di pusat ibu kota Burkina Faso, Afrika Barat. Pemerintah mengklaim insiden ini sebagai serangan teroris.

Tak hanya itu, sembilan orang lainnya dilaporkan luka-luka dan beberapa di antaranya dalam kondisi kritis.

Juru bicara pemerintah, Remis Dandjinou mengatakan, mayoritas korban berasal dari negara lain. Upaya sedang dilakukan untuk mengidentifikasi jenazah.

Akibat insiden ini, pusat kota pun sudah ditutup oleh tentara. Kedutaan Besar Amerika Serikat di Ouagadougou juga mengimbau warganya untuk menghindari pusat kota sementara waktu. Bandara Ouagadougou juga sudah ditutup saat ini.

Dikutip dari BBC, Senin 12 Agustus 2017, saksi mata mengatakan bahwa tiga orang bersenjata menembaki orang-orang yang tengah duduk di luar hotel dan restoran, yakni Hotel Bravia dan Restoran Istanbul Aziz.

Menurut laporan, salah satu korban merupakan warga negara Turki.

Serangan serupa juga pernah terjadi pada Januari 2016, ketika Hotel Splendid dan Restoran Cappucino yang berada di Kwame Nkrumah Avenue menjadi sasaran.

Lebih dari 170 orang disandera dan dipastikan sekitar 30 orang tewas. Kelompok militan Al Qaeda mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Burkina Faso, sebuah negara di Afrika Barat, telah lama menjadi sarang kelompok militan bercokol sejak 2012 silam.


(WIL)