Arab Saudi Gagalkan Rencara Teror ISIS di Bandara Wilayah Perbatasan

Willy Haryono    •    Senin, 07 Aug 2017 17:54 WIB
isis
Arab Saudi Gagalkan Rencara Teror ISIS di Bandara Wilayah Perbatasan
Penjaga perbatasan Saudi melihat ke arah Yaman, 6 April 2015. (Foto: AFP Photo/Mansour Hadi)

Metrotvnews.com, Riyadh: Arab Saudi mengklaim telah berhasil menggagalkan rencana teror kelompok militan Islamic State (ISIS) terhadap sebuah bandara di wilayah perbatasan. 

Rencana digagalkan setelah otoritas Arab Saudi menangkap salah satu militan ISIS. 

Seperti dikutip Asharq al-Awsat, Senin 7 Agustus 2017, sebuah pengadilan di Arab Saudi menjatuhkan vonis 20 tahun penjara kepada anggota ISIS itu, atas tuduhan merencanakan aksi teror di dalam kerajaan. 

Dalam persidangan disebutkan para militan berencana menyerang beberapa kedutaan besar asing dan bandara Arar yang berada dekat perbatasan Irak.

Disebutkan pula militan itu pernah berada dalam kamp ISIS di Suriah dan Irak, sebelum akhirnya kembali ke Arab Saudi untuk melancarkan aksi teror. 

Selain beberapa kedubes dan bandara, militan itu juga diketahui hendak menyerang sejumlah perwira di kompleks militer Arab Saudi. 

Pengadilan di Riyadh menyebut militan itu tela bertemu sejumlah petinggi ISIS di Suriah dan Irak. Dia juga disebut telah berkomunikasi dengan seorang anggota ISIS untuk memfasilitasinya keluar dari Suriah. 

Sejumlah foto slogan ISIS ditemukan di telepon genggam pria tersebut. 

Setelah menghabiskan masa tahanannya nanti, pria itu akan dilarang bepergian keluar dari Arab Saudi untuk 20 tahun ke depan.


(WIL)