Kamera CCTV di Al-Aqsa Lebih Bahaya dari Detektor Logam

Sonya Michaella    •    Rabu, 26 Jul 2017 13:39 WIB
palestina israel
Kamera CCTV di Al-Aqsa Lebih Bahaya dari Detektor Logam
Kompleks suci Masjid Al-Aqsa Yerusalem. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Yerusalem: Pencopotan detektor logam di Masjid Al-Aqsa oleh Israel, tidak serta merta membuat rakyat Palestina tenang. Sebelum detektor logam dicopot, Israel menambahkan pemasangan kamera pengintai atau CCTV.

"Di atas segalanya, ini adalah masalah kontrol dan kekuasaan. Seolah-olah mereka ingin memantau orang-orang Palestina lewat kamera," ucap seorang aktivis Palestina, dikutip dari Al Jazeera, Rabu 26 Juli 2017.

"Saya ingin masuk dan keluar Al-Aqsa semau saya, kenapa mereka (Israel) ingin mengintip?" tanyanya.

Ia menganggap, pemasangan kamera pengintai merupakan pelanggaran ruang pribadi setiap individu.

"Orang-orang Palestina akan terus menolak tindakan Israel ini," tegas dia.

Meskipun detektor logam telah dicopot sejak kemarin, namun para ahli dan pengamat mengatakan, pemasangan kamera pengintai merupakan ancaman yang lebih besar untuk warga Palestina.

"Kamera-kamera ini dapat mendeteksi wajah dan identitas, ini berarti bahwa Israel mengontrol penuh atas wilayah al-Haram al-Sharif. Peran Yordania sebagai 'penjaga' Palestina telah disingkirkan," ucap Khalil Shaheen, seorang analis politik Timur Tengah.

Sementara itu, mengingat kondisi Palestina dan Israel yang masih belum kondusif, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri dan KBRI mengimbau kepada masyarakat Indonesia yang berencana mengunjungi Palestina untuk ibadah untuk menahan diri.

 


(WIL)