Menlu Turki Diskusikan Kisruh Diplomatik dengan Emir Qatar

Willy Haryono    •    Kamis, 15 Jun 2017 11:09 WIB
kisruh qatar
Menlu Turki Diskusikan Kisruh Diplomatik dengan Emir Qatar
Menlu Turki Mevlut Cavusoglu di Nicosia, Siprus, 1 Juni 2017. (Foto: AFP/IAKOVOS HATZISTAVROU)

Metrotvnews.com, Doha: Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu berdiskusi dengan Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al-Thani untuk mencari solusi di tengah kisruh diplomatik dengan negara-negara Teluk. 

Pada 5 Juni 2017, Arab Saudi dan beberapa negara lainnya memutus hubungan diplomatik dengan Qatar. Mereka menilai Qatar mendukung sejumlah grup teroris dan berusaha menggoyang stabilitas Timur Temngah. 

Cavusoglu menyerukan adanya dialog damai antara Qatar dengan negara-negara Teluk. 

"Pertemuan membahas perkembangan krisis Teluk dan cara-cara menyelesaikannya. Diskusi juga membahas hubungan strategis antara Turki dan Qatar," ucap kantor berita Qatar News Agency, Rabu 14 Juni 2017. 

Dari Doha, Cavusoglu berencana bertolak ke Kuwait pada Kamis ini. Kuwait merupakan negara selain Turki yang berusaha memediasi Qatar dengan negara-negara Teluk. 

Kantor berita Anadolu melaporkan Cavusoglu juga akan bertemu Raja Salman di Riyadh pada Jumat besok. 

"Arab Saudi memiliki potensi dan kemampuan untuk menyelesaikan krisis ini, sebagai negara bijak dan senior di kawasan," ungkap juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin. 

"Kami ingin melibatkan semua aktor dalam proses mediasi ini," lanjut dia. 

Kalin menyebut pertemuan trilateral antara Turki, Prancis dan Qatar telah direncanakan. Dialog ini merupakan upaya tambahan dari yang sudah diserukan Syekh Sabah al-Khaled al-Sabah dari Kuwait. 

Rabu kemarin, Presiden Prancis Emmanuel Macron bertemu Raja Maroko Mohammad VI di Rabat. Keduanya mendiskusikan krisis Teluk dan isu regional lainnya. 

 


(WIL)