Panglima Kurdi Yakin Pemimpin ISIS Baghdadi Masih Hidup

Arpan Rahman    •    Senin, 17 Jul 2017 19:58 WIB
isis
Panglima Kurdi Yakin Pemimpin ISIS Baghdadi Masih Hidup
Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. (Foto: Mirror)

Metrotvnews.com, Sulaimania: Seorang pria, yang konon adalah pemimpin kelompok militan Islamic State (ISIS) -- Abu Bakr al-Baghdadi -- tampil di hadapan publik untuk kali pertama di sebuah masjid di pusat kota kedua Irak, Mosul. 

Pidatonya muncul dalam sebuah rekaman yang diunggah ke internet pada 5 Juli 2014. Foto Baghdadi -- yang diambil dari potongan video itu -- bermunculan dan dipakai banyak kantor berita dunia.

Lahur Talabany -- seorang panglima tertinggi kontra-terorisme dari pasukan Kurdi, mengatakan pada Senin 17 Juli 2017, bahwa dirinya merasa 99 persen yakin Baghdadi masih hidup dan berada di sebelah selatan kota Suriah, Raqqa. 

Ia meyakini hal tersebut meski sejumlah laporan menyebutkan Baghdadi telah terbunuh.

"Baghdadi benar-benar hidup. Dia tidak mati. Kami memiliki informasi dia masih hidup. Kami percaya 99 persen dia masih hidup," kata Talabany dalam sebuah wawancara, seperti dikutip Daily Mail.

"Jangan lupa, akar rumput Baghdadi adalah al Qaeda di Irak. Dia pintar bersembunyi dari petugas keamanan. Dia tahu apa yang sedang dan harus dilakukan," lanjut dia. 

Perubahan Taktik

Pasukan keamanan Irak telah mengakhiri tiga tahun kekuasaan ISIS di kota Mosul. ISIS juga mendapat tekanan kuat di Raqqa. 

Mosul dan Raqqa adalah dua kota yang dijadikan ISIS sebagai markas besar kekhilafahan mereka.

Talabany mengatakan, meski secara moral sudah menurun, para militan ISIS melancarkan taktik baru untuk bertahan. Menurut dia, diperlukan waktu tiga hingga empat tahun untuk benar-benar melenyapkan kelompok tersebut.

Setelah kalah nantinya, Talabany memprediksi ISIS akan melakukan gerakan mirip al-Qaeda saat ini.

Pekan lalu, beberapa laporan di Irak menyebutkan bahwa ISIS mengakui Baghdadi telah tewas. ISIS mengonfirmasi pria 45 tahun itu tewas dalam serangan udara di provinsi Nineveh.

 


(WIL)