Israel Tahan 16 Orang Diduga Terkait Kebakaran Hutan

Fajar Nugraha    •    Jumat, 25 Nov 2016 20:23 WIB
kebakaran israel
Israel Tahan 16 Orang Diduga Terkait Kebakaran Hutan
Kebakaran yang melanda Israel (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bethlehem: Pasukan Israel menahan setidaknya 16 orang yang diduga terlibat dengan kebakaran hutan. Pemerintah Israel sebelumnya mencurigai kebakaran itu disebabkan secara disengaja.
 
"Tiga pekerja ditangkap di sekitar Haifa terkait dugaan pembakaran disengaja. Ketiga orang itu adalah warga Palestina yang masuk ke Israel tanpa izin," ujar pihak keamanan Israel, seperti dikutip BBC, Jumat (25/11/2016).
 
 
Sementara 11 orang lainnya ditahan oleh pasukan di sekitar wilayah Israel dan di dalam Yerusalem. Sedangkan di wilayah Tepi Barat, Ramallah, pasukan Israel menahan seorang warga Palestina.
 
Warga yang ditahan itu ditahan atas tuduhan mencoba memicu api di dekat pemukiman ilegal Israel di Kochav Yaakov. 


Petugas pemadam berupaya padamkan api (Foto: AFP).
 
 
Pihak Israel tidak menjelaskan identitas warga Palestina yang ditahan di Ramallah. Tetapi warga setempat mengatakan kepada media Ma'an bahwa Darwish Jarabaa ditahan di Desa Beitin pada Kamis 24 malam. Jarabaa adalah ayah dari Saji, yang dibunuh oleh pasukan Israel sekitar 2,5 tahun lalu.
 
Media Israel juga menjelaskan penahanan seorang warga Palestina berusia 24 tahun dari Kota Rahat di Negev. Dia yang ditahan dianggap memicu kebencian melalui postingnya di Facebook, dengan mengajak orang memicu api.
 
Meski berita sudah menyebar ke Yerusalem dan Tepi Barat, kondisi berbeda terjadi di Haaretz. Api di wilayah itu sudah bisa dikendalikan, tetapi 35 pemadam kebakaran masih dipersiapkan di lokasi titik api.
 
Akibat api yang meliputi Israel dan wilayah Palestina, sekitar 60 ribu warga terpaksa keluar dari rumahnya. Selain Haifa, api menyebar ke Tepi Barat, Nablus, hingga ke Hebron.
 
Menteri Keamanan Dalam Negeri Israel Gilad Erdan menyebutkan bahwa api diperkirakan akan berlanjut hingga pekan depan. Hal itu dipicu oleh angin kencang yang masih berhembus.

(FJR)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA