Kapal Australia, Kanada dan AS Bantu Evakuasi Korban Gempa Selandia Baru

Sonya Michaella    •    Rabu, 16 Nov 2016 10:48 WIB
gempa bumiselandia baru
Kapal Australia, Kanada dan AS Bantu Evakuasi Korban Gempa Selandia Baru
Kapal perang AS, USS Sampson yang membantu proses evakuasi pascagempa (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Wellington: Kapal perang Australia, Kanada dan Amerika Serikat (AS) menuju ke Selandia Baru untuk membantu evakuasi warga di Kaikoura pascagempa dua hari yang lalu.

Selandia Baru diguncang gempa berkekuatan 7,4 skala richter (SR) sekitar pukul 23.02 waktu setempat. Gempa terasa di Kota Christchurch, South Island, dan berpotensi tsunami.

Akibatnya, dua orang tewas dan gempa ini suskes memotong jalur kereta api dan akses kendaraan di sejumlah kota di Selandia Baru. Sekitar 1.000 turis pun terjebak di kota pesisir Kaikoura.



Seperti dilansir BBC, Rabu (16/11/2016), kapal HMNZS Selandia Baru akan bergabung dengan HMC Vancouver milik Kanada, HMAS Darwin milik Australia, dan USS Sampson milik AS untuk mengevakuasi warga.

USS Sampson adalah kapal perang pertama AS yang kembali mengunjungi Selandia Baru setelah 30 tahun lalu. Menteri Pertahanan Selandia Baru, Gerry Brownlee, mengatakan tawaran bantuan tersebut disambut sangat baik.

"Jepang dan Singapura juga telah menawarkan bantuan," ungkap Brownlee.

Sementara, pembersihan terus dilakukan di Christchurch dan ibu kota Wellington. Beberapa jalan terpaksa ditutup sementara untuk dilakukannya pemeriksaan ke bangunan-bangunan.

Selandia Baru memang terletak di lingkaran Ring of Fire, garis patahan yang mengelilingi hampir seluruh Samudera Pasifik, sering membawa gempa dan letusan gunung berapi.

Selandia Baru pun pernah dilanda gempa hebat pada 2011 yang menewaskan 185 orang dan menghancurkan pusat kota. Christchurch menjadi kota dengan keadaan paling parah waktu itu.

 


(WIL)