48 Orang Tewas dalam Serangan Koalisi Arab Saudi di Yaman

Fajar Nugraha    •    Kamis, 04 Jan 2018 19:19 WIB
konflik yaman
48 Orang Tewas dalam Serangan Koalisi Arab Saudi di Yaman
Jet tempur milik Arab Saudi melancarkan serangan udara ke Yaman (Foto: AFP).

Hodeida: Koalisi pimpinan Arab Saudi kembali melakukan serangan udara ke Yaman, selama 24 jam terakhir. Tercatat 48 orang tewas dalam kejadian ini.
 
"Jet-jet tempur dari pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi, melakukan sembilan Serangan udara yang diarahkan ke basis pertahanan pemberontak Houthi di Provinsi Hodeida," tutur seorang sumber setempat, seperti dikutip AFP, Kamis 4 Januari 2018.
 
"Serangan tersebut menewaskan 36 pemberontak Houthi dan 12 warga sipil," imbuh sumber tersebut.
 
Keterangan mengenai korban tewas ini didapatkan dari empat rumah sakit yang berada di provinsi tersebut.
 
Pertempuran antara pemberontak Houthi dan pasukan pemerintah yang setia kepada Presiden Abedrabbo Mansur Hadi, terus meningkat dalam beberapa minggu terakhir. Kejadian ini menyebabkan korban jiwa di kalangan sipil.
 
Minggu lalu, koordinator organisasi humanitarian PBB untuk Yaman James McGoldrick mengatakan bahwa serangan pasukan koalisi pada 26 Desember menewaskan 68 warga sipil. Serangan itu terjadi di Hodeida dan Provinsi Taez.
 
 
Namun pihak koalisi menuduh McGoldrick bersikap bias terhadap pemberontak. Meskipun pada akhirnya mereka tidak membantah adanya korban jiwa di kalangan sipil.
 
Koalisi pimpinan Arab Saudi ini melakukan intervensi di Yaman sejak Maret 2015. Meskipun didukung kekuatan besar, pihak koalisi masih belum mampu melemahkan kekuatan Houthi hingga saat ini.



(FJR)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA