Kini Perempuan Saudi Dapat Bepergian Tanpa Didampingi Muhrim

   •    Selasa, 28 Jul 2015 15:10 WIB
politik arab saudi
Kini Perempuan Saudi Dapat Bepergian Tanpa Didampingi Muhrim
Seorang wanita meninggalkan sebuah mal perbelanjaan di Riyadh, Arab Saudi, 29 Maret 2014. (Foto: AFP / FAYEZ NURELDINE)

Metrotvnews.com, Riyadh: Pemerintah Arab Saudi menerapkan peraturan baru: perempuan kini dapat bepergian tanpa didampingi mahram atau muhrim. Sebelumnya, mereka hanya dapat bepergian jika didampingi muhrim mereka, seperti suami atau saudara kandung.

Saat ini, perempuan Arab Saudi dapat bepergian tanpa didampingi ke negara teluk seperti Dubai, Bahrain, Kuwait. Mereka bahkan diperbolehkan pergi ke negara-negara Eropa atau negara non Arab lainnya seorang diri. 

Fatma, salah satu warga, mengatakan kepada media lokal dan dilansir pospertki.org, Selasa (28/7/2015), dirinya tidak lagi merasa terhalangi jika ingin berpergian mengunjungi tempat wisata ataupun berbelanja ke negara lain.

Keputusan ini sangat disyukuri perempuan Arab Saudi, terutama mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. "Kalau dulu kami harus menikah untuk dapat didampingi suami belajar di luar negeri," ujar warga lainnya, Rasha.

"Alhamdulillah, sekarang kami bisa lebih fokus kepada studi tanpa harus mencari suami lebih dahulu," sambung dia.

Sejumlah agen perjalanan wisata membenarkan telah terjadi lonjakan turis perempuan Arab Saudi untuk perjalanan ke negara Teluk, Eropa dan juga Amerika Serikat.


(WIL)