Korban Tewas Gempa Meksiko Tercatat 35 Orang

Damar Iradat    •    Sabtu, 09 Sep 2017 03:28 WIB
gempa meksiko
Korban Tewas Gempa Meksiko Tercatat 35 Orang
Petugas emergency di Meksiko mencari korban yang tertimbun bangunan setelah digempur gempa. (Picture: Rex Shutterstock)

Metrotvnews.com, Meksiko City: Korban tewas gempa bumi di Meksiko terus bertambah. Hingga laporan ini dibuat, tercatat sudah 35 orang tewas akibat gempa besar berkekuatan 8,2 skala richter (SR).

Gempa yang mengguncang Meksiko jelang tengah malam, Kamis 7 September waktu setempat itu menyebabkan bangunan-bangunan bergoyang di dekat Ibu Kota Meksiko. Warga yang mengenakan baju tidur lantas berlarian keluar dari rumah mereka dan berkumpul.

Rodrigo Soberanes, warga yang tinggal di dekat San Cristobal de las Casas di Chiupas, dekat titik gempat mengatakan, rumahnya bergerak seperti permen karet.

Seperti dikutip dari AP, Sabtu 9 September 2017, gempa tersebut membuat keadaan darurat nasional di Meksiko untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya keadaan darurat berlaku saat Badai Katia menghampiri bagian negara Meksiko lainnya.

Juchitan, kota yang paling parah terkena dampak gempa tersebut. Disebutkan dalam laporan, hampir sebagian bangunan balai kota runtuh menjadi puing-puing dan jalanan dipenuhi dengan puing-puing rumah yang hancur. Pejabat setempat mengatakan, setidaknya dari 35 korban tewas akibat gempa tersebut, yang mana 17 orang merupakan warga Juchitan.

Kerusakan di Ibu Kota Meksiko City dilaporkan tidak terlalu parah. Akan tetapi, gempa tersebut membuat takut para masyarakat yang masih trauma akan kejadian gempa bumi tahun 1985 yang menewaskan hingga ratusan orang.

Gempa juga melanda pantai Pasifik Chiapas, dekat perbatasan Guatemala dengan kekuatan 8,1 SR. Pusat gempa berada di hotspot seismik di Samudra Pasifik. Zona subduksi ini juga menyebabkan beberapa gempa terbesar sepanjang sejarah, termasuk bencana Fukushima tahun 2011 dan gempa bumi di Sumatera tahun 2004 dan mengakibatkan tsunami yang mematikan.

Gubernur negara bagian Oaxaca Alejandro Murat mengatakan, setidaknya 23 orang telah meninggal di negara pesisirnya. Pejabat mengatakan setidaknya 10 orang tewas di Chiapas dan dua lainnya di negara bagian Teluk Meksiko Tabasco.

Gempa melanda Meksiko pada Kamis, pukul 23:49, Jumat pukul 04:49 waktu setempat. Sementara itu, pusat gempa berada 102 mil (165 kilometer) barat Tapachula di Chiapas. Itu memiliki kedalaman 43,3 mil (69,7 kilometer). Puluhan gempa susulan terjadi di wilayah tersebut beberapa jam kemudian.

Gubernur Chiapas Manuel Velasco mengatakan, tiga orang tewas di San Cristobal, termasuk dua wanita yang meninggal saat sebuah rumah dan sebuah dinding roboh.

"Ada kerusakan rumah sakit yang sudah kehilangan energi. Rumah, sekolah dan rumah sakit telah rusak," kata dia. 

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan, gelombang satu meter di permukaan air laut diukur dari Salina Cruz, Meksiko. Gelombang tsunami yang lebih kecil diamati di pantai atau diukur dengan alat pengukur laut di tempat lain. Perkiraan pusat tersebut mengatakan bahwa Ekuador, El Salvador dan Guatemala bisa melihat gelombang setinggi satu meter atau kurang. Tidak ada ancaman yang diajukan ke Hawaii atau Pasifik barat dan Pasifik.

Penduduk pesisir Tonala dan Puerto Madero juga telah dievakusi oleh pihak berwenang setelah adanya peringatan tsunami.

Gempa terjadi di dekat titik tumbukan antara tiga lempeng tektonik, Cocos, Karibia dan Amerika Utara.

Setidaknya, tercatat enam gempa berkekuatan 7,0 SR atau lebih sejak 1900. Tiga di antaranya terjadi dalam rentang sembilan bulan pada tahun 1902-1903.

Sementara itu, para ilmuwan masih mengkaji data, namun sebuah analisis awal mengindikasikan bahwa gempa tersebut dipicu oleh pembongkaran atau pembengkakan lempeng Cocos yang tiba-tiba menyelam di bawah Meksiko. Proses itu disebut tidak sering terjadi di zona subduksi.

Biasanya, gempa besar di zona subduksi terjadi di sepanjang batas antara lempengan yang tenggelam dan kerak di atasnya. "Ini tidak biasa, tapi ini tidak pernah terjadi," kata seismologist Susan Hough dari USGS.


(SCI)