Korban Banjir di Gujarat India Terus Bertambah

Willy Haryono    •    Selasa, 01 Aug 2017 14:21 WIB
banjir asia
Korban Banjir di Gujarat India Terus Bertambah
Ilustrasi banjir. (Foto: Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Gujarat: Banjir di negara bagian Gujarat, India, telah menewaskan 218 orang, Selasa 1 Agustus 2017. 

Seperti dikutip BBC, jumlah korban tewas melonjak sejak dua hari terakhir, seiring ditemukannya lebih dari 100 jasad di wilayah terdampak bencana. 

Otoritas Gujarat mengestimasi sekitar 450 orang di Gujarat terkena imbas banjir akibat hujan deras.

Musim penghujan tahun ini berimbas pada jutaan orang di sedikitnya 20 negara bagian di India. Banjir di negara bagian Assam dilaporkan telah menewaskan puluhan orang dan membuat ratusan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal.

Pemerintah India telah mengumumkan serangkaian paket bantuan untuk daerah-daerah yang dilanda gempa. 

Perdana Menteri India Narendea Modi dijadwalkan mengunjungi Assam pada hari ini. Modi mengatakan tujungan lawatannya adalah mencari "solusi permanen" terhadap banjir yang setiap tahun selalu melanda Assam. 

Kantor berita The Press Trust of India mengutip seorang pejabat yang mengatakan banyak warga Gujarat mulai kembali ke rumah masing-masing seiring semakin surutnya ketinggian air. 

Selain Gujarat, negara bagian Arunachal Pradesh dan Assam juga dilanda banjir akibat hujan deras. Beberapa area di Odisha dan Bihar juga terkena dampak serupa.

Di Assam, sedikitnya 77 orang tewas akibat banjir, dan operasi darurat dijalankan sejak April. Banjir di Assam telah menghancurkan berbagai jenis tanaman di puluhan ribu hektare lahan.


(WIL)