Korban Tewas Erupsi Fuego Guatemala Jadi 109

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 08 Jun 2018 10:36 WIB
Gunung Api Guatemala
Korban Tewas Erupsi Fuego Guatemala Jadi 109
Warga Guatemala mencari keluarganya yang hilang dalam erupsi Gunung Fuego (Foto: AFP).

Escuintla: Jumlah korban tewas erupsi Gunung Fuego Guatemala bertambah menjadi 109 jiwa. Badan Ilmu Forensik Nasional mengatakan mereka telah menerima jenazah para korban tersebut.
 
"Tujuh korban terakhir berada di kamar mayat. Mereka akan diidentifikasi terlebih dahulu," kata Badan tersebut, dalam keterangan tertulis seperti dilansir dari laman AFP, Jumat 8 Juni 2018.
 
Sementara itu, tiga korban lainnya telah dipindahkan ke kamar mayat di rumah sakit utama ibu kota. Tiga orang tersebut akhirnya meninggal usai mendapatkan perawatan di rumah sakit.
 
Letusan gunung berapi ini adalah yang terkuat dalam empat dekade terakhir. Akibat erupsi puluhan orang terluka dan lebih dari 12 ribu lainnya dievakuasi.
 
Badan penanggulangan bencana Guatemala (Conred) dianggap lamban dalam mengevakuasi korban. Mereka dituding tidak mengindahkan peringatan dari para ahli untuk mengevakuasi warga.
 
Badan tersebut mengatakan peringatan para ahli saja tidak cukup tepat untuk mengevakuasi para warga.
 
Hingga kini pencarian terus berlanjut, namun ada kekhawatiran hujan lebat dalam menyebabkan tanah longsor baru dari lumpur vulkanik.


(FJR)