Helikopter Rusia Jatuh di Suriah, Dua Pilot Tewas

Willy Haryono    •    Selasa, 08 May 2018 16:04 WIB
krisis suriahrusiakonflik suriah
Helikopter Rusia Jatuh di Suriah, Dua Pilot Tewas
Helikopter tempur Ka-52 terbang di langit Moskow, Rusia, 4 Mei 2018. (Foto: AFP/YURI KADOBNOV)

Damaskus: Sebuah helikopter Rusia jatuh di Suriah, Senin 7 Mei 2018 malam waktu setempat, dan menewaskan pilot beserta kopilotnya. 

"Helikopter Ka-52 jatuh saat melakukan penerbangan rutin di wilayah timur Republik Arab Suriah. Kedua pilot meninggal dunia," ujar pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip kantor berita TASS

Kemenhan Rusia menduga insiden ini "mungkin diakibatkan kerusakan teknis." Sebuah tim penolong telah dikerahkan ke lokasi untuk mengevakuasi dua jenazah. 

Insiden ini merupakan kecelakaan fatal kedua militer Rusia di Suriah dalam kurun waktu kurang dari sepekan. Pada 3 Mei, sebuah pesawat jet tempur Rusia jatuh usai lepas landas dari pangkalan udara. Kedua pilotnya tewas. 

Total kematian personel militer Rusia di Suriah sejak 2015 mencapai 88 orang. Angka ini tidak termasuk warga sipil Rusia yang tewas saat menjadi tentara bayaran di Suriah. 

Kematian terbesar personel militer Rusia di Suriah adalah saat sebuah pesawat transportasi mengalami kecelakaan ketika berusaha mendarat di pangkalan udara Hmeimim. Insiden pada Maret itu menewaskan 39 orang.


(WIL)