Arab Saudi dan Qatar Hadir di Kuwait untuk KTT GCC

Willy Haryono    •    Sabtu, 02 Dec 2017 11:05 WIB
arab saudiqatar terbuka
Arab Saudi dan Qatar Hadir di Kuwait untuk KTT GCC
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud dalam jamuan makan di rumah PM Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, 13 Maret 2017. (Foto: Reuters)

Kuwait City: Delegasi Arab Saudi, Oman dan Qatar tiba di Kuwait pada Jumat 1 Desember 2017 untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Dewan Kerja Sama Teluk (KTT GCC) yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa dan Rabu pekan depan.

Terdapat kekhawatiran apakah KTT GCC akan tetap berlangsung saat Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Bahrain memulai embargo kepada Qatar beberapa bulan lalu. 

Namun, sejumlah sumber diplomatik melaporkan adanya tanda-tanda kemajuan, terutama setelah Menteri Luar Negeri Kuwait Syekh Sabah Al Khalid Al Hamad Al Sabah mengunjungi Riyadh belum lama ini. 

Di sana, seperti dikutip BBC, ia bertemu Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan mengatakan Kerajaan Arab Saudi senang dengan situasi terbaru dan mempersilakan Kuwait melanjutkan persiapan KTT GCC. 

Kuwait memediasi sejumlah negara Arab sejak krisis diplomatik terkait Qatar dimulai pada awal Juni.

KTT GCC kali ini akan menjadi kali pertamanya delegasi masing-masing negara Arab bertemu usai dimulainya ketegangan di antara mereka. 

Terakhir kalinya GCC melaksanakan KTT adalah 6-7 Desember 2016 di Manama, Bahrain. 

Sejak dibentuk pada 1981, GCC belum pernah membatalkan KTT apapun meski ada perbedaan pendapat antar para anggotanya.


(WIL)