Diduga Terkena Serangan Udara Suriah, Tiga Tentara Turki Tewas

Arpan Rahman    •    Kamis, 24 Nov 2016 21:30 WIB
krisis suriah
Diduga Terkena Serangan Udara Suriah, Tiga Tentara Turki Tewas
Pesawat jet tempur Suriah. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Qamishli: Serangan udara yang diduga dilakukan pasukan pemerintah Suriah menewaskan tiga tentara Turki.

"Sepuluh korban lain terluka dalam semalam, salah seorang dari mereka cedera serius," kata militer Turki dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Kamis (24/11/2016).  

Peristiwa terjadi sekitar pukul 3:30 dalam operasi membasmi pemberontak yang dipimpin Turki di Suriah utara. Dikatakan, tentara yang terluka dievakuasi dengan cepat dari daerah tersebut.

Insiden ini menjadi kali pertama tentara Turki terbunuh oleh pasukan pemerintah Suriah dalam sebuah serangan, di tengah operasi militer yang dijuluki Perisai Efrat. 

Operasi pertama kali diluncurkan pada 24 Agustus, yang bertujuan menyingkirkan kelompok militan Islamic State (ISIS) serta milisi YPG Kurdi dari perbatasan Turki. 

Sebelumnya, sejumlah sumber keamanan dan rumah sakit di Turki mengatakan, para pejuang ISIS telah melancarkan serangan yang menewaskan tiga tentara Turki di wilayah al-Bab.

Mereka mengatakan, beberapa tentara yang terluka dilarikan ke rumah sakit di provinsi perbatasan Turki, Kilis dan Gaziantep.

Tewasnya tiga tentara Turki terjadi tepat satu tahun saat Turki menembak jatuh pesawat jet tempur Rusia, yang memicu kekacauan diplomatik kedua negara. 

Perselisihan Turki dan Rusia akhirnya berakhir setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan meminta maaf. 


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA