Jet Israel Gempur Posisi Hamas di Gaza

Willy Haryono    •    Senin, 09 Apr 2018 13:02 WIB
israel palestinapalestina israelhamas
Jet Israel Gempur Posisi Hamas di Gaza
Pesawat jet tempur F-35 Lightning milik Israel. (Foto: AFP/JACK GUEZ)

Tel Aviv: Pesawat jet tempur Israel menggempur sebuah "target militer" Hamas di Gaza bagian utara, yang diklaim sebagai respons atas adanya upaya penyusupan oleh warga Palestina di pagar perbatasan. 

Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan bangunan atas serangan Israel di Gaza.

Serangan terjadi satu hari usai Israel menuding ada sejumlah orang yang menyusup ke pagar perbatasan Gaza dan menaruh beberapa "bahan peledak." 

Pagar perbatasan ini telah menjadi lokasi bentrokan berdarah antara pengunjuk rasa Palestina dan pasukan Israel sejak Jumat pekan lalu. Para demonstran mendesak agar pengungsi Palestina bisa kembali ke tanah mereka, yang kini telah menjadi milik Israel.

Kementerian Kesehatan Gaza menyebut aksi Israel di perbatasan Gaza telah menewaskan 30 warga Palestina. Muncul pertanyaan dari sejumlah pihak mengenai respons Israel terhadap pedemo yang dinilai berlebihan karena menggunakan peluru tajam. 

Israel menegaskan hanya menembakkan senjata api kepada mereka yang berusaha merusak pagar, menginfiltrasi atau mencoba menyerang petugas. 

Tel Aviv menuding Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza, sengaja memanfaatkan aksi unjuk rasa ini untuk melancarkan serangan ke Israel. 

"IDF (Pasukan Pertahanan Israel) menilai organisasi teror Hamas berusaha menjadikan pagar perbatasan menjadi zona perang, dan juga mencoba merusak infrastruktur keamanan dan pertahanan," ujar militer Israel, seperti dilansir AFP

Sejumlah grup hak asasi manusia mengkritik cara Israel merespons demonstran di perbatasan Gaza. Palestina menyebut ada beberapa pengunjuk rasa yang ditembak meski tidak membahayakan pasukan Israel.

Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menyerukan adanya investigasi independen mengenai aksi kekerasan di perbatasan Gaza-Israel.

 


(WIL)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

13 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA