Pasukan Suriah Rebut Pangkalan Udara Aleppo dari ISIS

Willy Haryono    •    Sabtu, 13 May 2017 18:08 WIB
isis
Pasukan Suriah Rebut Pangkalan Udara Aleppo dari ISIS
Seorang tentara rezim Assad berjalan di puing-puing bangunan di Ramussa, Suriah, 9 September 2016. (Foto: AFP/GEORGE OURFALIAN)

Metrotvnews.com, Aleppo: Pasukan Suriah merebut sebuah pangkalan udara di Aleppo timur dari jeratan kelompok militan Islamic State (ISIS), Sabtu 13 Mei 2017, setelah bentrokan di sekitar wilayah tersebut berlangsung selama hampir dua bulan. 

Pangkalan udara Jarrah berada di bawah kekuasaan ISIS sejak Januari 2014. Instalasi militer itu direbut ISIS dari tangan pemberontak, yang menguasainya pada 2013. 

"Loyalis rezim menguasai pangkalan militer Jarrah setelah pertempuran sengit," kata kepala grup pemantau Rami Abdel Rahman, seperti disitat AFP.

"Mayoritas militan telah melarikan diri, dan pasukan rezim melakukan operasi pembersihan di pangkalan tersebut dan masih menghadapi beberapa elemen ekstremis ISIS lainnya," tambah dia. 

Rezim Suriah di bawah Presiden Bashar al-Assad meluncurkan operasi terhadap ISIS di Aleppo timur sejak pertengahan Januari dengan didukung Rusia. 

Sejauh ini, pasukan Assad telah menguasai lebih dari 170 desa dan kota di Aleppo timur. 

Lebih dari 320 ribu orang tewas di Suriah sejak perang sipil meletus pada Maret 2011, yang awalnya hanya sebuah unjuk rasa damai anti-pemerintah.


(WIL)