ISIS Tembak Mati Jenderal Rusia di Suriah Timur

Arpan Rahman    •    Senin, 25 Sep 2017 17:14 WIB
isis
ISIS Tembak Mati Jenderal Rusia di Suriah Timur
Jenderal Divisi Valeri Assapov. (Foto: Twitter/Simnasr)

Metrotvnews.com, Deir Ezzor: Seorang jenderal Rusia menemui ajalnya saat memerangi kelompok militan Islamic State (ISIS) di dekat Deir Ezzor, Suriah. Kematian itu dilaporkan Kementerian Pertahanan Rusia di Moskow, Minggu 24 September 2017.

"Jenderal Divisi Valeri Assapov tewas ketika sebuah granat meledak saat baku tembak dengan para militan ISIS," lapor kementerian, seperti dikutip media setempat. Korban adalah perwira tinggi yang bertugas sebagai penasehat pasukan pemerintah Suriah.

Disitir South China Morning Post, Senin 25 September 2017, Kemenhan Rusia mengatakan bahwa Assapov secara anumerta akan diberi tanda jasa atas pelayanannya.

Provinsi Deir Ezzor, di perbatasan timur Suriah dengan Irak, kaya akan ladang minyak dan gas yang berfungsi sebagai arus pendapatan utama bagi ISIS di puncak kekuasaannya.

Rusia melakukan intervensi untuk mendukung pemerintahan Damaskus pada September 2015. Moskow telah membantu pasukan rezim dalam serangan terhadap Deir Ezzor dari arah barat.

Pesawar jet-jet Rusia dan Suriah pada akhir pekan lalu meningkatkan serangan di provinsi Idlib dan Hama yang dikuasai pemberontak.

Kampanye pengeboman di daerah-daerah sipil yang padat penduduk berakibat kehancuran, setelah situasi sempat mereda selama enam bulan. 

Gencatan senjata yang diinisiasi Rusia sudah memberikan situasi aman sementara kepada puluhan ribu orang di Suriah barat laut, daerah yang dikuasai pemberontak.


(WIL)