Iran Klaim Sukses Luncurkan Satelit, AS Berang

Sonya Michaella    •    Senin, 31 Jul 2017 16:27 WIB
politik iranpolitik as
Iran Klaim Sukses Luncurkan Satelit, AS Berang
Roket satelit bernama Simorgh ini dikabarkan mampu membawa satelit seberat 250 kilogram dan mampu terbang hingga 500 kilometer di atas Bumi. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Teheran: Amerika Serikat (AS) kembali dibuat berang oleh Iran. Pasalnya, baru saja Iran berhasil meluncurkan satelit ke luar angkasa. Sebelumnya, AS sempat 'mengancam' akan memberikan sanksi yang lebih keras jika Iran tak menghentikan program misilnya.

Roket satelit bernama Simorgh ini dikabarkan mampu membawa satelit seberat 250 kilogram dan mampu terbang hingga 500 kilometer di atas Bumi.

Peluncuran satelit menandai peresmian pusat ruang angkasa Imam Khomeini, yang namanya diambil dari pendiri Republik Islam Iran.

Dikutip CNN, Senin 31 Juli 2017, sejumlah stasiun televisi Iran juga menayangkan detik-detik peluncuran satelit menuju ruang angkasa yang dilaksanakan di Provinsi Semnan, Iran.

Peluncuran ini bukanlah yang pertama kalinya dilakukan Iran. Sebelumnya, Iran pernah mengirimkan dua kapsul ke luar angkasa yaitu saat Februari 2010 dan yang kedua pada Januari 2013.

Menanggapi peluncuran tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert menilai, Iran berusaha menunjukkan sikap provokatifnya di mana dapat membahayakan kawasan.

"Kami melihat peluncuran ini sebagai tindakan provokatif dan pengembangan misil balisitik. Apa yang terjadi barusan (peluncuran satelit) adalah bentuk penolakan terhadap kesepakatan nuklir Iran dengan PBB," ucap Nauert.

Selasa pekan lalu, AS baru saja menjatuhkan sanksi yang terbaru bagi Iran di mana mengacu pada Revolutionary Guards nuklir negara tersebut.


(WIL)