Tornado Hantam Bandara di Turki, 12 Orang Terluka

Willy Haryono    •    Senin, 28 Jan 2019 09:01 WIB
tornadoturki
Tornado Hantam Bandara di Turki, 12 Orang Terluka
Ilustrasi cuaca buruk. (Foto: Medcom.id)

Antalya: Tornado menghantam sebuah bandara di Turki selatan dan melukai 12 orang, Minggu 27 Januari 2019. Angin ribut membuat sejumlah penerbangan dari dan menuju Bandara Antalya terganggu.

Dalam sejumlah video di media sosial, seperti dilansir dari laman Daily Sabah dan Stuff.co.nz. sejumlah pesawat yang sedang terparkir terlihat bergeser terkena imbas tornado. Beberapa bus bandara dan tangga yang biasa digunakan untuk penumpang menuju pesawat juga terguling terkena tiupan angin.

Otoritas Turki menduga kecepatan putaran tornado di bandara Antalya mencapai 100 kilometer per jam. Sedikitnya dua pesawat rusak parah akibat tiupan angin kencang tersebut.

Gubernur Antalya Munir Karaloglu mengatakan kepada saluran televisi NTV bahwa semua korban terdampak tornado tidak ada yang mengalami luka serius. Dia mengatakan otoritas setempat sedang mengamati dampak kerusakan dan akan segera membersihkan bandara agar aktivitas penerbangan dapat kembali normal.

"Kita semua berharap angin yang merusak ini sudah berlalu," ujar Karaloglu.

Menteri Lingkungan Hidup dan Urbanisasi Murat Kurum mengatakan 229 bangunan rusak akibat badai dan tornado di Turki. Sementara Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Fatih Donmez menyebut cuaca ekstrem di Turki telah merusak 140 gardu listrik di Antalya.

Kawasan Antalya dilanda cuaca buruk dalam sepekan terakhir. Tornado sempat menghantam beberapa titik di Antalya, yang berujung pada sedikitnya dua kematian warga.


(WIL)