Bagian Mesin Malaysia Airlines MH370 Ditemukan di Afsel

Fajar Nugraha    •    Rabu, 23 Mar 2016 12:34 WIB
pencarian mh370
Bagian Mesin Malaysia Airlines MH370 Ditemukan di Afsel
Puing diduga mesin Malaysia Airlines MH370 (Foto: Twitter)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Sebuah bagian dari penutup mesin yang diduga berasal dari Malaysia Airlines MH370, berhasil ditemukan di Afrika Selatan.

Puing itu akan diperiksa oleh pihak berwenang untuk dicari tahu apakah berasal dari pesawat Malaysia Airlines atau bukan. Pesawat Boeing Malaysia Airlines MH370 hilang sejak dua tahun lalu di Samudera Hindia.

"Puing ini ditemukan di dekat Kota Mosselbay. Berdasarkan dari laporan awal, puing tersebut merupakan bagian dari penutup mesin pesawat," ujar Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai, seperti dikutip Associated Press, Rabu (23/3/2016).

Liow menambahkan pihaknya akan mengirim tim untuk mengambil puing itu. Bekerja sama dengan pihak South African Civil Aviation Authority (CAA), pihak Kementerian Transportasi Malaysia terus melakukan pengawasan terhadap puing.

"Kami akan terus memberikan berita perkembangan terbaru jika ada informasi yang tersedia," pungkas Loiw.

Berdasarkan laporan, seorang arkelologis Afsel yang menemukan pertama kali puing yang diduga berasal dari pesawat MH370 itu. Pria bernama Neels Kruger itu menemukan puing saat menyisir sebuah pinggir pantai.

"Menjadi arkeologis saya selalu melihat ke tanah. Ketika melihat benda itu dan membalikkannya, saya tidak mengetahui apa benda ini tetapi kemudian tersadar," ucap pria berusia 35 tahun itu.

Kruger terkejut melihat ada logo Rolls Royce,-yang merupakan pembuat mesin dari pesawat yang hilang itu. Dia pun langsung melapor kepada pihak berwenang setempat.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 hingga di selatan Samudera Hindia pada 8 Maret 2014. Pesawat dengan 239 penumpang itu terbang dari Kuala Lumpur dengan tujuan Beijing dan hingga saat ini belum ditemukan.
 


(FJR)