Koalisi AS Tembak Jatuh Pesawat Militer Suriah

Arpan Rahman    •    Senin, 19 Jun 2017 16:05 WIB
krisis suriah
Koalisi AS Tembak Jatuh Pesawat Militer Suriah
Pesawat jet tempur Super Hornet F/A-18E. (Foto: GETTY IMAGES)

Metrotvnews.com, Tabqa: Jet tempur koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) telah menembak jatuh pesawat militer Suriah di provinsi Raqqa. Pihak AS mengkonfirmasi penembakan tersebut.

Pengebom tempur SU-22 dilibas Super Hornet F/A-18E, sesudah pesawat itu menjatuhkan bom di dekat Pasukan Demokrat Suriah (SDF) yang didukung AS.

Ini merupakan kali pertama koalisi pimpinan AS menembak jatuh jet Suriah dalam konflik yang sudah berlangsung sejak enam tahun lalu.

Seperti dikutip BBC, Senin 19 Juni 2017, Suriah mengutuk penembakan tersebut, yang dinilai akan memiliki "konsekuensi berbahaya."

Insiden SU-22 terjadi Minggu sore di dekat kota Tabqa, setelah SDF memerangi militan ISIS sebagai bagian dari upaya merebut kembali kota Raqqa. Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon mengatakan milisi pro pemerintah Suriah telah menyerang unit SDF dari kota Ja'Din.

Pasukan pro Damaskus tidak berperang untuk merebut Raqqa, tapi mereka sudah berhasil melawan ISIS di daerah sekitarnya.

Membela Mitra Koalisi

Pentagon menyebut penembakan dilakukan untuk mencegah serangan lebih lanjut dari milisi pro pemerintah terhadap SDF. AS juga meminta Rusia, sekutu utama Suriah, untuk berupaya "meredakan situasi dan menghentikan penembakan (terhadap SDF),"

Namun, SU-22 menjatuhkan bom pada posisi SDF beberapa jam setelah peringatan dari Pentagon. "Sesuai dengan peraturan perjanjian dan pembelaan diri secara kolektif terhadap pasukan mitra koalisi, (pesawat itu) segera ditembak jatuh."

Komando Pusat AS mengklaim upaya memperingatkan SU-22 via frekuensi radio berakhir gagal. "Niat dan aksi permusuhan yang ditunjukkan pasukan pro rezim terhadap koalisi dan pasukan mitra di Suriah tidak dapat ditolerir."

Insiden tersebut diyakini merupakan serangan udara ke udara pertama yang dilakukan jet militer AS dalam hampir dua dekade terakhir. 

Masih dari Pentagon, ditegaskan bahwa koalisi AS "tidak berusaha melawan rezim Suriah, pasukan Rusia atau pro rezim, namun tidak akan ragu untuk mempertahankan kekuatan koalisi atau mitra dari ancaman apapun."


(WIL)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

37 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA