Tokoh Oposisi Yaman Ingin Bernegosiasi dengan Arab Saudi

Willy Haryono    •    Rabu, 10 May 2017 17:49 WIB
konflik yaman
Tokoh Oposisi Yaman Ingin Bernegosiasi dengan Arab Saudi
Mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh. (Foto: AFP/Getty)

Metrotvnews.com, Sanaa: Mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh membuka diri untuk bernegosiasi dengan Arab Saudi, yang mulai terlibat konflik di negara tersebut sejak 2015. 

Setelah lengser pada 2012, Saleh beraliansi dengan pemberontak Houthi yang kemudian memicu perang sipil.

"Kami tidak memiliki pilihan lain selain dialog," kata Saleh dalam sebuah pertemuan di Sanaa, Selasa 9 Mei 2017. 

"Kami siap pergi ke Riyadh, Khamis Mushit, Muscat atau tempat lainnya untuk memulai dialog dan mencapai kesepakatan," lanjut dia, merujuk pada kota-kota di Arab Saudi dan Oman, seperti dikutip AFP

Saleh menegaskan dirinya tidak akan pernah mengakui pemerintahan Yaman di bawah Presiden Abedrabbo Mansour Hadi. Ia meminta Arab Saudi untuk mencari "kepemimpinan baru" di Yaman. 

Beberapa orang dekat Saleh telah bertemu dengan delegasi Arab Saudi dalam pertemuan tak resmi sejak beberapa pekan terakhir di Berlin. 

Selamat dalam sebuah percobaan pembunuhan pada 2011, Saleh berkali-kali mengaku siap berbicara langsung dengan Arab Saudi. Namun dia menolak jika ada mediasi dari utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Ismail Ould Sheikh Ahmed. Saleh menilai Ahmed bias dalam diskusi konflik.

Walau mundur usai mendapat desakan kuat pada Februari 2012, Saleh masih tetap berpengaruh di Yaman. Posisi presiden digantikan Hadi, yang sebelumnya adalah wakil Saleh.

Sebagian prajurit Yaman masih tetap loyal kepada Saleh, yang kemudian memperkuat posisinya dengan menjalin aliansi dengan Houthi pada 2014. 

Saat ini Houthi menguasai ibu kota Yaman, kawasan utara yang berbatasan dengan Arab Saudi dan sejumlah pelabuhan di sepanjang garis pantai Laut Merah.

Pemerintahan Hadi saat ini berbasis di Aden, kota kedua terbesar di Yaman. Setelah perang sipil pecah, Hadi lebih banyak menghabiskan waktu di Arab Saudi.


(WIL)