Pelaku Pembakaran Bank Seorang Pencari Suaka, Australia Geram

Sonya Michaella    •    Senin, 21 Nov 2016 08:22 WIB
kebakaranaustralia
Pelaku Pembakaran Bank Seorang Pencari Suaka, Australia Geram
Pelaku pembakaran Bank Commonwealth di Melbourne, Australia adalah seorang pencari suaka (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Melbourne: Tersangka pelaku pembakaran sebuah bank di Melbourne, Australia pada Jumat 18 November lalu, telah diidentifikasi adalah seorang pencari suaka.

Hal ini menambah 'kemarahan' kelompok kanan di Australia dan juga perdebatan di pemerintahan Australia terkait penerimaan pengungsi dan pencari suaka.

Seperti dilansir Reuters, Senin (21/11/2016), kebakaran ini menyebabkan 27 orang terluka dan enam lainnya dinyatakan kritis. Namun, tak ada laporan korban tewas hingga hari ini.

Pelaku yang berasal dari tahanan imigrasi di Pulau Christmas ini menderita masalah mental dan keuangan. Ia diketahui tiba di Australia dengan perahu pada 2013 silam. 

Seorang pejabat negara bagian Victoria pun menyatakan bahwa tak ada motivasi politik yang terlibat dalam serangan di bank tersebut.

Setelah kejadian, polisi setempat pun dengan cepat berhasil menangkap seorang pria yang diduga adalah pelaku pembakaran Bank Commonwealth ini.

Pencari suaka tersebut terlihat di sekitar bank pada 11.30 waktu setempat. Sebelum kebakaran terjadi, sejumlah saksi mengatakan, pria ini sempat menaruh sesuatu di depan pintu utama. Setelah itu, ia pergi dan barang tersebut meledak.

Terkait dengan dinyatakannya pelaku sebagai pencari suaka, debat politik mengenai kebijakan pencari suaka meningkat di Australia.

Umumnya, para pengungsi dan pencari suaka tiba di perairan Australia dengan perahu. Lalu mereka dicegat otoritas setempat dan akhirnya ditempatkan di Pulau Nauru, Pasifik Selatan dan Pulau Manus di Papua Nugini.

Kamp penahanan pun telah banyak dikritik oleh kelompok hak asasi manusia atas tuduhan pelanggaran sistemik dari tahanan.





(FJR)