Kapal Tenggelam di Laut Mediterania, 25 Orang Tewas

Willy Haryono    •    Minggu, 07 Jan 2018 14:06 WIB
imigran gelap
Kapal Tenggelam di Laut Mediterania, 25 Orang Tewas
Proses penyelamatan migran di Laut Mediterania. (Foto: AFP)

Tripoli: Sedikitnya 25 orang dikhawatirkan tewas tenggelam di lepas pantai Libya, setelah sebuah kapal yang membawa sekitar 150 migran, terkena masalah serius. 

"Perahu karet tenggelam di utara Tripoli. Sedikitnya 25 orang tewas. jumlah pastinya belum diketahui, angkatan laut Italia sedang berada di lokasi," ucap grup Sea Watch asal Jerman dalam pernyataan di Twitter, seperti dikutip The New Arab.

Penjaga Pantai Italia mengatakan kepada AFP 85 orang telah diselamatkan dari kapal yang tenggelam tersebut. Delapan jenazah telah ditemukan sejauh ini.

Tragedi ini diyakini sebagai kapal tenggelam pertama di lepas pantai Libya di tahun 2018, Namun sejumlah grup penyelamat menyebut sudah banyak kapal yang mencoba menyeberangi Laut Mediterania sejak awal tahun, dan jika tenggelam pun keberadaannya tidak dapat terdeteksi.

Ini artinya, kematian di Mediterania mungkin sudah ada sejak awal 2018.

Sebuah kapal pengawas dari misi Uni Eropa melihat kapal yang separuh tenggelam di lepas pantai Libya. Peringatan pun disampaikan ke sejumlah grup penyelamat. 

"Kapal tenggelam di lepas pantai Libya, arah timur dari Tripoli. Puluhan orang yang hilang akan meninggal dunia tanpa ada proses penguburan," tulis grup Proactiva Open Arms asal Spanyol. 

Menurut data Doctors Without Borders, tahun lalu 3.116 orang meninggal dunia saat mencoba menyeberang dari Afrika Utara ke Eropa. 

Dalam enam hari pertama di tahun 2018, lebih dari 400 orang telah diselamatkan dari Mediterania ke Italia. Jumlah ini relatif rendah dari 729 dalam periode sama tahun lalu.


(WIL)