Perebutan Bantuan Pangan di Maroko Tewaskan 15 Orang

Arpan Rahman    •    Senin, 20 Nov 2017 12:04 WIB
maroko
Perebutan Bantuan Pangan di Maroko Tewaskan 15 Orang
Ilustrasi bantuan. (Foto: Metrotvnews.com)

Sidi Boulalam: Aksi berebut terjadi saat bantuan pangan didistribusikan ke sebuah desa di Maroko. Kejadian ini menewaskan setidaknya 15 orang dan melukai 10 lainnya.

Warga yang takut tidak kebagian makanan berhimpitan di Sidi Boulalam, Minggu 19 November 2017. Bantuan diberikan sebuah asosiasi lokal ke sebuah pasar mingguan lokal atau "souk," menurut laporan Kementerian Dalam Negeri Maroko. 

Kota ini berada di provinsi Essaouira, berbatasan dengan pantai Atlantik barat daya Casablanca.

Raja Mohammed VI sudah memberi instruksi bahwa "segala tindakan sedang diambil untuk membantu para korban dan keluarga mereka," kutip Kemendagri Maroko seperti dilansir US News, Senin 20 November 2017. 

Ditambahkan bahwa sang raja akan membayar biaya pemakaman dan perawatan bagi semua korban.

Alyaoum24.com, situs berita lokal, melaporkan bahwa orang-orang berebut bantuan makanan yang nilainya sekitar USD16 per orang.

Direktur kesehatan daerah itu, Khalid Zenjari, mengatakan kepada Associated Press bahwa enam korban luka dievakuasi ke kota Essaouira. Sementara empat lainnya dirawat di rumah sakit lokal.

Distribusi bantuan pangan biasa digelar di negara Afrika Utara tersebut, terutama di daerah terpencil. Kegiatan biasanya diselenggarakan sponsor swasta dan sejumlah badan amal serta pihak berwenang.


(WIL)