Israel Izinkan BBM Masuk ke Gaza

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 15 Oct 2016 16:53 WIB
palestina israel
Israel Izinkan BBM Masuk ke Gaza
Warga Palestina di Gaza kini mendapatkan distribusi BBM (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Gaza: Pasukan Israel membuka perbatasan Kerem Shalom yang memisahkan Perbatasan Gaza dan Israel. Pembukaan perbatasan ini memungkinkan bahan bakar minyak masuk ke Gaza pada Jumat 14 Oktober.
 
"Perbatasan dibuka agar bahan bakar minyak masuk ke dalam Gaza," ujar anggota organisasi yang mewakili perusahaan minyak dan gas di Gaza, Samir Hamadeh, seperti dikutip Middle East Monitor, Sabtu (15/10/2016).
 
"Ada masalah untuk mendistribusikan gas untuk keperluan masak di wilayah Gaza. Ini disebabkan pompa yang digunakan mengalami kerusakaan serta tidak bisa mendistribusi minyak yang digunakan untuk memasak," lanjut Hamadeh.
 
Hamadeh menambahkan bahwa perbatasan Gaza membutuhkan sekitar 400 ton gas setiap harinya. Jumlah itu dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan wilayah Palestina.  Tetapi pada akhirnya, hanya 280 ton bahan bakar yang bisa masuk ke perbatasan, pada Jumat 14 Oktober. 
 
Hingga kini, Kerem Shalom menjadi satu di antara dua perbatasan yang dioperasikan di wilayah perbatasan laut. Perbatasan itu digunakan untuk memintah barang dan merupakan satu-satunya perbatasan yang diperbolehkan untuk memasok bahan bakar.
 
Sementara pejalan kaki yang keluar dan masuk perbatasan Gaza melakukan perjalanan melakui perlintasan Erez, yang dekat dengan wilayah pemukiman Palestina di Gaza. 
 
Mayoritas lebih dari 1,8 juta warga Palestina beradda di perbatasan Gaza terisolir di wilayah pesisir. Blokade militer Israel yang sudah berlangsung puluhan tahun, membuat kehidupan warga semakin sulit.



(FJR)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA