DK PBB Batalkan Pertemuan Terkait Perang Suriah

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 17 Sep 2016 11:43 WIB
krisis suriah
DK PBB Batalkan Pertemuan Terkait Perang Suriah
Dewan Keamanan PBB batalkan pertemuan tentang Suriah (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New York: Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) membatalkan pertemuan mendadak untuk membahas Suriah. 
 
Pembatalan dikabarkan terjadi karena perbedaan pendapat antara Rusia dan Amerika Serikat (AS). Kedua negara itu tidak meraih kesepakatan mengenai gencatan senjata di Suriah.
 
Pada saat pertemuan, utusan Rusia dan AS dijadwalkan untuk menyerahkan detail dari kesepakatan bersama. Kesepakatan itu mengatur gencatan senjata, pengiriman bahan bantuan dan kesepakatan melakukan operasi bersama mengatasi kelompok militan di Suriah.
 
"Karena kami tidak meriah kesepakatan, pertemuan dewan pun dibatalkan," ujar juru bicara misi AS, seperti dikutip AFP, Sabtu (17/9/2016).
 
Namun pihak Rusia tidak memberikan respons apapun mengenai pembatalan ini. 
 
Rusia selama ini dikenal sebagai sekutu utama Suriah. Mereka mendorong agar DK PBB mendukung kesepakatan bersama itu, tetapi Prancis dan beberapa anggota DK PBB lainnya menyebutkan bahwa mereka harus mempelajari detail dari kesepakatan.
 
AS sendiri menolak untuk mengeluarkan detail dari kesepakatan, dengan alasan keamanan terhadap beberapa kelompok yang didukung AS dan bertempur di Suriah.
 
Tetapi berdasarkan kesepakatan itu, seluruh pihak diharuskan memberi izin masuknya bahan makanan dan kebutuhan lain di Aleppo pada Senin. Namun hingga Jumat, konvoi bantuan yang ditempatkan di perbatasan Turki belom mendapatkan izin masuk ke Aleppo.
 



(FJR)