Empat Petugas Medis Tewas Terkena Serangan Udara di Suriah

Willy Haryono    •    Rabu, 21 Sep 2016 16:29 WIB
krisis suriah
Empat Petugas Medis Tewas Terkena Serangan Udara di Suriah
Seorang pria berdiri di reruntuhan bangunan di Aleppo, Suriah, 18 September 2016. (Foto: AFP/KARAM AL-MASRI)

Metrotvnews.com, Aleppo: Empat petugas medis tewas dan seorang perawat terluka parah saat serangan udara mengenai sebuah klinik di kota Aleppo, Suriah, Selasa (20/9/2016) malam. 

Keempat staf Serikat Organisasi Bantuan Medis Suriah (UOSSM) itu berada di dalam dua ambulans saat serangan terjadi. Mereka dipanggil untuk menangani beberapa pasien yang membutuhkan perawatan khusus. 

UOSSM mengatakan klinik di desa Khan Tuman itu benar-benar rata dengan tanah pada pukul 23.00 waktu setempat. Dikhawatirkan korban tewas akan bertambah karena masih ada beberapa orang terjebak reruntuhan bangunan. 

"Klinik itu berlantai tiga, termasuk ruang bawah tanah. Karena tingginya intensitas serangan udara, klinik itu roboh dan hancur total," kata kepala rumah sakit UOSSM untuk area Aleppo, Ahmad Ddbais, seperti dilansir AFP

"Kami belum tahu pasti ada berapa banyak korban tewas di sana," sambung dia. 

Khan Tuman terletak dekat Orum al-Kubrah, kota tempat terjadinya serangan udara terhadap konvoi truk berisi bantuan kemanusiaan dan sebuah gudang yang menewaskan sekitar 20 warga sipil. Serangan tersebut memicu perang mulut antar Amerika Serikat (AS) dan Rusia yang saling menyalahkan


Truk berisi bantuan kemanusiaan yang terkena serangan udara di Suriah. (Foto: AFP)

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, Suriah adalah negara paling berbahaya di dunia untuk pekerja medis. Tahun lalu, 135 serangan udara mengenai klinik dan rumah sakit di Suriah. 

Kepala UOSSM Prancis, Ziad Alissa, mengutuk keras serangan di Aleppo. "Secara sengaja menyerang pekerja kemanusiaan dan petugas medis adalah pelanggaran aturan internasional," tegas dia. 

"Kami meminta komunitas internasional bergerak cepat mengakhiri kekejaman ini. Terlalu banyak nyawa melayang," tambah dia. 

UOSSM adalah grup bantuan medis yang didirikan oleh kumpulan ekspatriat Suriah. Saat ini, UOSSM telah menjadi grup bertaraf internasional.


(WIL)