Kelompok Pencuri Ternak Bunuh 23 Orang di Nigeria

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Jun 2018 19:25 WIB
nigeria
Kelompok Pencuri Ternak Bunuh 23 Orang di Nigeria
Sejumlah hewan ternak berada dekat papan selamat datang negara bagian Zamfara, Nigeria. (Foto: Pius Utomi Ekpei/AFP/Getty)

Zamfara: Kelompok pencuri hewan ternak membunuh 23 orang di negara bagian Zamfara, Nigeria. Dalam beberapa bulan terakhir, otoritas Zamfara berjuang keras dalam memerangi pencurian hewan ternak.

Mustapha Muhammad, kepala pemerintah daerah Zamfara, mengatakan bahwa para pencuri ternak datang ke desa Zanoka pada Jumat kemarin dengan menggunakan sepeda motor. Mereka menembakkan senjata api secara acak dan juga membakar sejumlah rumah.

"Kami menguburkan 23 korban tewas, termasuk beberapa warga yang memberanikan diri melawan para bandit," ujar Muhammad, seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu 2 Juni 2018.

Muhammad mengatakan para pelaku sebenarnya telah berhasil diusir sekelompok warga lokal di desa Zanoka. Namun mereka kembali ke desa tersebut dengan membawa lebih banyak rekannya.

"Sebagian besar korban tewas adalah warga sipil yang melawan para bandit," tutur juru bicara kepolisian Zamfara, Muhammad Shehu.

Pencurian ternak telah menjadi masalah serius di Zamfara. Para pelaku tidak hanya mencuri, tapi juga nekat membunuh siapapun yang menghalangi aksi mereka.

Pemerintah Nigeria telah mengerahkan kekuatan militer ke Zamfara. Namun hingga saat ini, kasus pencurian ternak dan pembunuhan warga sipil masih terus terjadi.


(WIL)