Seorang Warga Gaza Tewas dalam Bentrokan dengan Pasukan Israel

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 30 Dec 2017 16:26 WIB
palestina israel
Seorang Warga Gaza Tewas dalam Bentrokan dengan Pasukan Israel
Warga Palestina di Gaza terus melakukan protes terhadap Israel (Foto: AFP).

Gaza: Seorang warga Gaza, Palestina dilaporkan tewas setelah terlibat bentrokan terbaru dengan militer Israel pada Sabtu 30 Desember.
 
Bentrokan itu terjadi saat berlangsung protes menentang pengakuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.
 
"Jamal Muslih, pemuda berusia 20 tahun yang tinggal di tempat pengungsi Al-Bureij, Gaza terluka pada akibat tembakan peluru tajam pada Jumat 29 Desember. Luka yang diderita membuatnya tidak tertolong," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al-Qudra, seperti dikutip AFP, Sabtu 30 Desember 2017.
 
Kematian Muslih menambah total korban tewas dari warga Palestina yang tewas sejak pengumuman Trump, bertambah hingga 13 jiwa. Trump tidak hanya mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, tetapi juga akan memindahkan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.
 
Tercatat 11 pedemo tewas akibat bentrokan dengan pasukan Israel. Sementara dua lainnya tewas dalam serangan udara Israel ke Gaza pada awal bulan.
 
Sedangkan dalam bentrokan yang terjadi pada Jumat, lebih dari 50 orang terluka dalam kejadian ini di perbatasan Israel dan Gaza. 
 
Pihak Kementerian Kesehatan Palestina di Tepi Barat juga menyebutkan ada 16 warga yang terluka, ketika pasukan Israel melepaskan tembakan ke arah mereka saat melakukan protes. Sementara warga lainnya terkena tembakan peluru karet.
 
Sebelumnya pada Jumat, kelompok pejuang di Gaza melepaskan tembakan roket ke sebelah selatan Israel. Dua roket itu berhasil dicegat oleh sistem pertahanan Iron Dome.
 
Pesawat tempur Israel pun dikerahkan untuk memberikan serangan balasan. Serangan itu menimbulkan kerusakan tetapi tidak ada korban jiwa dilaporkan.



(FJR)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

3 hours Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA