Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri ISIS Ditembak di Turki

Fajar Nugraha    •    Rabu, 19 Oct 2016 12:57 WIB
krisis turki
Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri ISIS Ditembak di Turki
Ilustrasi: Reuters

Metrotvnews.com, Ankara: Polisi Turki melepaskan tembakan fatal ke seorang yang dicurigai sebagai anggota militan Islamic State (ISIS). Terduga anggota ISIS itu tewas akibat tembakan.
 
Pasukan anti-teror Turki melacak tersangka itu di sebuah bangunan di Ankara. Pria tersebut tewas setelah terlibat baku tembak pada Rabu 19 Oktober pukul 3.00 pagi waktu setempat, di lantai 9 bangunan tempat dia bersembunyi.
 
"Sebelum ditembak, pria itu menolak anjuran menyerahkan diri yang diperintahkan oleh pihak kepolisian," ujar kantor berita Anadolu, seperti dikutip Reuters, Rabu (19/10/2016).
 
Polisi Turki menyebutkan pihaknya menemukan material bahan peledak di lokasi. Sementara Gubernur Ercan Topaca mengutarakan kecurigaan bahwa tersangka berencana melakukan serangan di fasilitas publik.


Polisi Turki melakukan penjagaan (Foto: AFP)

 
Disebutkan bahwa pelaku adalah warga Diyarbakir dan lahir pada 1992. Namun tidak diumumkan nama dari pelaku. 
 
Setelah menerima laporan intelijen tentang aktivitas militan, kantor Gubernur Angkar melarang pertemuan publik dan demonstrasi hingga akhir November. Larangan ini diterapkan berdasarkan status kondisi darurat, yang dikeluarkan usai kudeta gagal pada Juli lalu.
 
ISIS dan kelompok militan Kurdi kerap melakukan serangan di ibu kota Turki.  Sebelumnya, dua anggota Partai Pekerja Turki (PKK) diyakini berencana untuk melakukan serangan bom. Namun bom itu sudah meledak terlebih dahulu dalam baku tembak dengan polisi di pos penjagaan di Ankara.

(FJR)