Australia Siap Bantu AS Jika Perang Meletus di Semenanjung Korea

Willy Haryono    •    Jumat, 11 Aug 2017 09:27 WIB
korea utaranuklir korea utara
Australia Siap Bantu AS Jika Perang Meletus di Semenanjung Korea
PM Australia Malcolm Turnbull. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Canberra: Perdana Menteri Malcolm Turnbull menegaskan Australia sudah siap sepenuhnya untuk bergabung dengan Amerika Serikat (AS) jika perang melawan Korea Utara pada akhirnya tak terhindarkan. 

Canberra akan bertindak jika Korut melancarkan serangan ke tanah AS. 

"Jika terjadi serangan terhadap AS, maka Perjanjian Anzuz akan berlaku dan Australia siap membantu Amerika Serikat," tutur PM Turnbull dalam wawancara radio, seperti dilansir BBC, Jumat 11 Agustus 2017. 

"AS juga akan membantu jika negara kita diserang," lanjut dia. 

Pernyataan Turnbull menandai perubahan intonasinya dalam menyikapi krisis di Semenanjung Korea. Sebelumnya, ia menilai satu-satunya jalan menghadapi Pyongyang adalah menjatuhkan tekanan ekonomi yang seberat-beratnya. 

PM Turnbull menyambut baik serangkaian sanksi "baru dan tegas" yang dijatuhkan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) terhadap Korut.  Dia menyebut Australia akan mengimplementasikan serangkaian sanksi tersebut. 

Baca: Halangi Kedaulatan Negara, Korut Kecam Sanksi dari PBB

'Sangat, Sangat Gugup'

Selain itu, PM Turnbull menilai semua kekacauan di Semenanjung Korea ini adalah kesalahan Korut. "Karena merekalah yang melanggar resolusi DK PBB. Mereka juga yang bertindak ilegal. Mereka yang mengancam perdamaian kawasan dan dunia."

"Apa yang kita butuhkan adalah dialog untuk meredakan ketegangan dan menghindari miskalkulasi berbahaya. Saat ini kita sedang berada dalam rute konflik, dan kita semua harus segera keluar dari jalur," sebut Turnbull.

sementara itu Korut berencana meluncurkan empat misil balistik ke arah Guam, negara tempat berdirinya instalasi militer AS. 

Presiden AS Donald Trump mempersilakan Korut untuk merasa gugup jika berani berbuat sesuatu, atau bahkan berpikir untuk menyerang Negeri Paman Sam.

 


(WIL)