Raja Salman Serukan KTT Arab Saudi-Afrika

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Jul 2017 15:27 WIB
arab saudi
Raja Salman Serukan KTT Arab Saudi-Afrika
Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud dari Arab Saudi. (Foto: Saudi Press Agency Handout/EPA)

Metrotvnews.com, Jeddah: Penjaga Dua Kota Suci Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud menyerukan digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi Arab Saudi-Afrika pada akhir tahun ini atau awal 2018. 

Pengumuman disampaikan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir dalam KTT Afrika di Addis Ababa, Ethiopia, Selasa 4 Juli 2017. 

Mei 2017, Riyadh menggelar KTT Arab Saudi-Amerika yang dihadiri Presiden Donald Trump dan sejumlah kepala negara lainnya. KTT tersebut fokus membicarakan upaya memerangi ideologi ekstremis dan menghentikan aliran dana terkait terorisme. 

Terkait terorisme, Raja Salman telah berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel via sambungan telepon. Dia juga menerima ucapan belasungkawa dari Emir Kuwait Syekh Sabah Al-Ahmad Al Sabah terkait serangan teroris di Qatif. 

Emir Kuwait menekankan kembali bahwa negaranya mendukung penuh Arab Saudi dalam memerangi terorisme. 

Ucapan belasungkawa juga datang dari Syekh Nawaf Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, putra mahkota Kuwait, dan Syekh Jaber Mubarak Al-Hamad Al-Sabah yang merupakan Perdana Menteri Kuwait. 

Bahrain juga mengutuk serangan teroris di Qatif. Kementerian Luar Negeri Bahrain menegaskan dukungannya terhadap Arab Saudi dalam mengkonsolidasikan keamanan dan stabilitas kawasan.


(WIL)