Penembakan di Pos Keamanan Arab Saudi, 4 Orang Tewas

Fajar Nugraha    •    Senin, 09 Jul 2018 11:34 WIB
arab saudi
Penembakan di Pos Keamanan Arab Saudi, 4 Orang Tewas
Pasukan Arab Saudi kerap menjadi sasaran serangan kelompok militan (Foto: AFP).

Riyadh: Insiden penembakan terjadi di sebuah pos keamanan di Arab Saudi. Empat orang tewas dalam kejadian ini.
 
"Seorang petugas keamanan yang berada di dalam pos Buraydah-Tarfiyah di wilayah Qassim, ditembak oleh tiga orang teroris. Pelakukan melepaskan tembakan dari atas kendaraan pada Minggu 8 Juli sore (waktu setempat)," pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, seperti dikutip Middle East Eye, Senin 9 Juli 2018.
 
"Dua orang anggota teroris tewas ditembak, sedangkan pelaku ketiga terluka dan saat ini dirawat di rumah sakit," imbuh pernyataan tersebut.
 
Qassim merupakan wilayah yang dikenal sebagai daerah ultrakonservatif, Wahabi. Pengamat mengatakan bahwa banyak para pemuda di wilayah itu bergabung dengan Al Qaeda di Yaman atau kelompok militan lain di Irak.
 
Sementara dalam penembakan ini, Sersan Suleiman Abdelaziz Abdel Latif merupakan korban tewas dari pihak Arab Saudi. Pihak kementerian menambahkan bahwa seorang warga Bangladesh juga terbunuh, tetapi tidak disebutkan nama korban.
 
Pihak berwenang sudah melakukan penyelidikan atas serangan ini.
 
Ini bukan pertama kalinya pos keamanan Arab Saudi menjadi incaran serangan. Pada 20 April lalu, empat anggota polisi dan empat warga sipil terluka dalam serangan di pos keamanan di Provinsi Asir.
 
Kerajaan Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir dihantam serangan dari pihak militan seperti Al Qaeda dan Islamic States (ISIS). Namun tidak hanya militan, kerap pula terjadi bentrokan antara militan Syiah dan pasukan keamanan di wilayah timur Arab Saudi.


(FJR)