Apartemen Roboh di Suriah Tewaskan 11 Orang

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Feb 2019 09:10 WIB
krisis suriahsuriah membarakonflik suriah
Apartemen Roboh di Suriah Tewaskan 11 Orang
Distrik Saleheddin pernah dikuasai pemberontak, namun direbut kembali pasukan Suriah. (Foto: AFP)

Aleppo: Sedikitnya sebelas orang tewas, termasuk empat anak-anak, akibat tertimpa reruntuhan sebuah apartemen yang roboh di kota Aleppo, Suriah, Sabtu 2 Januari 2019. Satu-satunya korban selamat adalah seorang anak kecil.

Sejak perang sipil meletus pada 2011, warga tinggal di banyak gedung tak layak huni di seantero Suriah. Hanya ada sedikit rekonstruksi di negara tersebut, dan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad sejauh ini baru fokus membangun infrastruktur dasar.

Menurut laporan AFP, insiden apartemen roboh itu terjadi di distrik Salaheddin. Beberapa bangunan lain di dekat apartemen lima lantai itu terlihat nyaris roboh.

Data satelit Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak 2017 mengestiasi ada lebih dari 35 ribu struktur di Aleppo yang berada dalam kondisi rusak. AFP melaporkan, beberapa rekonstruksi di kota tersebut telah terjadi, namun dilakukan pihak swasta.

Apartemen roboh di Aleppo ini menyoroti masalah banyaknya bangunan yang tidak layak huni akibat perang berkepanjangan di Suriah.

Sejumlah kota dan permukiman di Suriah hancur dalam pertempuran antara pasukan Suriah, pemberontak dan kelompok militan Islamic State (ISIS).

Amerika Serikat mengestimasi pembangunan kembali Suriah membutuhkan dana USD300 miliar hingga USD400 miliar atau setara Rp5.575 triliun.

Namun sejumlah negara Barat menolak menyalurkan dana ke Suriah, kecuali jika sudah ada reformasi politik di negara tersebut.

Baca: Trump: Arab Saudi Akan Bantu Rekonstruksi Suriah


(WIL)