Situs Jual Beli Anak Gegerkan Mesir

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 15 Feb 2018 07:09 WIB
kekerasan anakeksploitasi anak
Situs Jual Beli Anak Gegerkan Mesir
Ilustrasi - Medcom.id

Kairo: Sebuah situs jual beli menggegerkan masyarakat Mesir dan dunia. Pasalnya, yang mereka perdagangkan adalah anak-anak di bawah umur.

"Kami menyediakan anak-anak bagi mereka yang ingin mengadopsi atau membeli," demikian tulisan di situs tersebut, seperti dilansir dari laman Al Arabiya, Kamis 15 Februari 2018.

Situs ini juga menyediakan bayi baru lahir yang tak diketahui orangtua biologisnya. Situs jual beli ini menawarkan harga bervariasi, tergantung jenis kelamin, warna kulit, kondisi kesehatan, warna mata dan rambut, serta berbagai kriteria fisik lainnya.

Ramy el-Gebali, seorang insinyur ilmu komputer yang pertama kali menemukan situs tersebut mengatakan, dirinya menemukan situs itu saat ingin membuat laman Facebook untuk membantu menemukan anak-anak hilang.

"Saya menemukannya saat membuat laman Facebook untuk bantu menemukan anak-anak hilang. Situs saya sudah memiliki 1,2 juta pengikut," katanya.

Kemudian, kata Gevali, beberapa pengikutnya yang tinggal di Kota al-Shorouk, sebelah timur laut Kairo, melaporkan, ada apartemen mencurigakan di lingkungan mereka dan diduga menampung banyak anak. Apartemen itu sering dikunjungi oleh beberapa orang yang selalu terlihat datang dan pergi bersama anak-anak.

Pengikut di halamannya juga menjelaskan bahwa mereka yang datang ke apartemen itu tampak seperti keluarga kaya dan mengendarai mobil mewah. Gebali pun meminta para pengkutnya agar melaporkan kejadian itu kepada polisi.

Setelah diselidiki, rupanya apartemen itu merupakan tempat bagi anak-anak korban penculikan yang akan dijual kepada orang asing. Gebali pun menemukan pemilik situs merupakan warga Arab yang tinggal di Belanda.

Gebali mengatakan telah melaporkan hasil temuan ini kepada otoritas keamanan setempat dan Departemen Perdagangan Manusia di Kantor Kejaksaan Mesir. Dia menambahkan, pihak berwenang telah mengambil tindakan yang diperlukan.


(AGA)