Irak Lancarkan Serangan Terakhir untuk Rebut Hawija dari ISIS

Arpan Rahman    •    Rabu, 04 Oct 2017 14:02 WIB
isis
Irak Lancarkan Serangan Terakhir untuk Rebut Hawija dari ISIS
Pasukan Irak bergerak ke Kota Tua Mosul, 25 Maret 2017. (Foto: AFP/AHMAD GHARABLI)

Metrotvnews.com, Hawija: Pasukan Irak melancarkan serangan terakhir untuk merebut Hawija, satu dari dua kota yang masih dikuasai kelompok militan Islamic State (ISIS) di Irak, Rabu 4 Oktober 2017. Demikian disampaikan militer Irak dalam sebuah pernyataan resmi, seperti dilansir Middle East Monitor, Rabu 4 Oktober 2017.

Dua hari usai menduduki pangkalan udara Rashad, pasukan Irak mulai bergerak ke Hawija. Pangkalan Rashad yang terletak 30 kilometer dari selatan Hawija sempat digunakan ISIS sebagai tempat pelatihan dan urusan logistik.

Irak memulai mencoba merebut Hawija dair ISIS pada 21 September. Hawija terletak di sebelah barat kota minyak Kirkuk dan utara Baghdad.

Sisa daerah lain yang masih berada di bawah kendali ISIS adalah bentangan tanah di sepanjang perbatasan Suriah di Irak barat.

ISIS, yang telah mendeklarasikan kekhilafahan di Irak dan Suriah pada 2014, mengalami pukulan telak di kedua negara tersebut. Hampir seluruh wilayah jajahannya telah direbut kembali pasukan lokal yang didukung koalisi pimpinan Amerika Serikat. 

Di Irak, kekhilafahan ISIS ambruk pada Juli, ketika pasukan Irak yang didukung koalisi AS berhasil merebut Mosul, kota kedua terbesar sekaligus ibu kota de facto ISIS. 

Mosul akhirnya berhasil direbut Irak setelah bertempur selama lebih kurang sembilan bulan.


(WIL)