Liga Arab akan Diskusikan Pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem

Willy Haryono    •    Senin, 14 May 2018 19:03 WIB
liga arabpalestina israel
Liga Arab akan Diskusikan Pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem
Staf mempersiapkan upacara peresmian Kedubes AS di Yerusalem, 14 Mei 2018. (Foto: AFP/MENAHEM KAHANA)

Kairo: Liga Arab akan menggelar pertemuan darurat pada Rabu mendatang untuk mendiskusikan keputusan "ilegal" Amerika Serikat (AS) dalam memindahkan kedutaan besar dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Liga Arab untuk Urusan Palestina, Saeed Abu Ali, pertemuan akan difokuskan kepada "cara-cara menghadapi keputusan ilegal AS dalam memindahkan kedubes ke Yerusalem."

Seperti dilansir kantor berita AFP, ia mengatakan kepada awak media bahwa perwakilan permanen dari Liga Arab yang berbasis di Kairo akan bertemu "sesuai permintaan Palestina."

Kedubes AS di Yerusalem dijadwalkan dibuka pada hari ini, Senin 14 Mei 2018 petang waktu setempat. Kedubes tetap dibuka meski Palestina dan banyak negara dunia menentang keputusan sepihak tersebut.

Beberapa jam sebelum pembukaan kedubes, dua warga Palestina tewas terkena serangan Israel di sepanjang jalur Gaza. Kabar kemtaian disampaikan Kementerian Kesehatan Gaza, di tengah meningkatnya unjuk rasa menentang pembukaan kedubes AS.

Status Yerusalem adalah isu paling krusial dalam konflik Israel dengan Palestina yang telah berlangsung selama berdekade-dekade.

Israel menganggap seluruh Yerusalem sebagai ibu kota mereka. Sementara Palestina menganggap Yerusalem Timur sebagai ibu kota mereka di masa mendatang.


(WIL)