Palestina Tetap Jadi Fokus Pertemuan OKI di Uzbekistan

Sonya Michaella    •    Jumat, 14 Oct 2016 14:41 WIB
ktt oki
Palestina Tetap Jadi Fokus Pertemuan OKI di Uzbekistan
Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang, Arko Hananto Budiadi (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pendidikan menjadi topik utama yang akan dibahas para menteri luar negeri di konferensi tingkat menteri Organisasi Kerja sama Islam (OKI). Palestina tetap menjadi bahasan konferensi OKI.
 
"KTM OKI ke-43 ini bertemakan Session of Education and Enlightment Part to Peace and Creativity. Uzbekistan yang mengajukan tema ini," kata Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang, Arko Hananto Budiadi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (14/10/2016).
 
KTM OKI kali ini diadakan di ibu kota Uzbekistan, Tashkent pada 18-19 Oktober mendatang. Delegasi Indonesia akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan sejumlah pejabat Kemenlu RI.
 
"Tema ini dipilih untuk mengingatkan kembali kebesaran Islam pada zaman dulu dan kemajuan ilmu pendidikan yang dicapai Islam," ungkapnya lagi.
 
Tema yang diusung ini diharapkan dapat membawa perdamaian dan kemakmuran dunia di tengah kekacauan yang sedang terjadi sekarang.
 

Press briefing Kemenlu RI, Jumat 14 Oktober (Foto: Sonya Michaella/MTVN).


Bahasan mengenai pendidikan ini lebih luas dan diakui belum ada pembicaraan spesifik mengenai pendidikan tersebut. "Ini jadi catatan akhir pertemuan KTM untuk pengembangan sebuah bangsa," sebut Arko.
 
"Para menlu negara anggota OKI akan menyampaikan isu-isu terkait yang jadi prioritas dan akan ada Tashkent Resolution nanti," tuturnya lagi.
 
Arko menegaskan bahwa Palestina tetap menjadi bahasan dalam KTM OKI ini di mana negara-negara anggota OKI akan melakukan sesuatu untuk capaian kemerdekaan Palestina.
 
Fokus Indonesia sendiri dalam KTM OKI adalah Indonesia akan terus mengupayakan finalisasi peace and resolution group.
 
"Bahkan pada Konferensi Asia Afrika tahun lalu, Presiden Jokowi juga mengusulkan akan dibentuk forum tersebut untuk negara-negara Islam," tukasnya
 
Finalisasi ini diharapkan selesai secepatnya sehingga bisa cepat dilakukan dan dapat terwujud untuk mengaplikasian tindak Indonesia untuk menciptakan kestabilan dan keamanan kawasan.

(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA