Pasukan Suriah Rebut Kota Terakhir yang Dikuasai ISIS di Homs

Arpan Rahman    •    Minggu, 06 Aug 2017 11:34 WIB
krisis suriah
Pasukan Suriah Rebut Kota Terakhir yang Dikuasai ISIS di Homs
Papan penunjuk arah bertuliskan Damaskus, Homs dan Talbiseh di Suriah. (Foto: AFP/MAHMOUD TAHA)

Metrotvnews.com, Homs: Pemerintah Suriah dan pasukan sekutu telah merebut kembali kota besar terakhir di provinsi Homs dari tangan kelompok militan Islamic State (ISIS).

Menurut keterangan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights, seperti dikutip Telegraph.co.uk, Sabtu 5 Agustus 2017, pasukan rezim Presiden Bashar al-Assad telah merebut kembali kota al-Sukhna, yang berlokasi sekitar 50 km timur laut dari kota kuno Palmyra. 

Kota al-Sukhna juga berjarak sekitar 50 km dari perbatasan pemerintahan provinsi Deir al-Zor, yang hampir seluruhnya berada di bawah kendali ISIS.

Unit media Hizbullah mengatakan pemerintah dan pasukan sekutu membuat kemajuan pesat di al-Sukhna. Kelompok Hizbullah Lebanon bertempur di kubu Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam konflik Suriah.

Kantor berita nasional Suriah, SANA, melaporkan pada Sabtu bahwa pasukan pemerintah maju ke al-Sukhna dari tiga arah.

ISIS kehilangan banyak daerah di Suriah karena digempur pemerintah Suriah yang didukung Rusia, dan juga oleh pasukan Kurdi lewat dukungan koalisi Amerika Serikat. 

Pasukan Assad, dengan dukungan angkatan udara Rusia dan milisi yang didukung Iran, juga telah maju melawan ISIS di provinsi Hama dan di wilayah selatan provinsi Raqqa.

Sementara operasi pimpinan AS terhadap ISIS saat ini difokuskan untuk merebut kota Raqqa di Suriah utara.


(WIL)