RI Tawarkan Bantuan untuk Bangun Pelabuhan di Senegal

Sonya Michaella    •    Selasa, 01 Aug 2017 15:27 WIB
indonesia-senegal
RI Tawarkan Bantuan untuk Bangun Pelabuhan di Senegal
Dubes RI untuk Senegal, Mansyur Pangeran bersama Wali Kota Popenguine. (Foto: Dok. KBRI Dakar)

Metrotvnews.com, Dakar: Mengembangkan kerja sama Indonesia dan Senegal, juga untuk membantu program pembangunan pelabuhan peti kemas terbesar dan pelabuhan ferry, Duta Besar RI untuk Senegal, Mansyur Pangeran menawarkan partisipasi Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Kota Popenguine dan bertemu dengan Wali Kota Mamadou Mansour Thiandoum, Dubes Mansyur menawarkan kerja sama dengan perusahaan nasional yang bergerak di bidang konstruksi, PT Wijaya Karya.

Selain itu, Dubes Mansyur telah menjelaskan kemungkinan kerja sama di bidang perikanan khususnya capacity building on fishery bagi nelayan Popenguine dari ahli perikanan Indonesia.

Seperti keterangan tertulis dari KBRI Dakar yang diterima Metrotvnews.com, Selasa 1 Agustus 2017, Wali Kota Thiandoum juga mengharapkan kerja sama Indonesia untuk dapat dilakukannya pelatihan pertanian dan peternakan bagi petani Popenguine oleh para ahli pertanian dan peternakan dari Indonesia.

Wali Kota Thiandoum juga mengharapkan bantuan Pemerintah Indonesia dalam bidang women empowerment untuk melatih para kaum wanita melalui kerja sama pelatihan ketrampilan ekonomi kreatif bantuan dari Pemerintah Indonesia.

Di bidang pendidikan, Dubes Mansyur menyampaikan adanya penawaran beasiswa dari Pemerintah Indonesia yang dapat dimanfaatkan bagi pemuda Popenguine untuk belajar di Indonesia.

Popenguine dikenal secara internasional sebagai pusat ibadah agama Kristen (Penta Kosta) di Senegal dan beberapa negara sekitar lebih dari seratus tahun yang lalu.

Popenguine dapat dikatakan model tempat dimana toleransi kehidupan beragama dilaksanakan dengan baik di Senegal dimana banyak ditemukan dalam satu keluarga tinggal bersama dengan berbeda agama.

Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan Indonesia dengan Senegal khususnya di kota yang memiliki potensi dimana kedua pihak memungkinkan untuk bekerja sama yang saling menguntungkan.



(WIL)