Kelompok Militan Tewaskan 18 Orang di Mesir

Sonya Michaella    •    Selasa, 12 Sep 2017 09:01 WIB
isis
Kelompok Militan Tewaskan 18 Orang di Mesir
Lambang bendera ISIS. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kairo: Sebuah kelompok militan telah menewaskan sekitar 18 orang yang sedang melakukan konvoi keamanan di Sinai Utara, Mesir, kemarin.

Kelompok Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini. Namun, mereka mengatakan hanya menewaskan delapan tentara Mesir dalam sebuah penyergapan di pinggiran kota El-Arish.

Insiden ini terjadi ketika sebuah kendaraan mencoba menerobos konvoi keamanan yang melintas di antara Qantara dekat kota pelabuhan Ismailiyah di Mesir, dan El-Arish, ibu kota Sinai Utara. 

Dalam konvoi tersebut, para polisi dan tentara sedang memerangi pemberontakan kelompok militan. Kementerian Dalam Negeri Mesir mengonfirmasi bahwa serangan ini terjadi di Kota Bir al-Abed.

Dikutip dari AFP, Selasa 12 September 2017, sebuah kelompok yang berafiliasi dengan ISIS sudah menguasai Sinai Utara sejak 2013 di mana mereka telah membunuh ratusan polisi dan tentara sejak mantan presiden Mohamed Morsi digulingkan.

"Saat pasukan menangani mobil tersebut, pesawat tersebut meledak," kata pernyataan resmi dari Kemendagri Mesir.

Ledakan tersebut juga diikuti oleh baku tembak dengan elemen militan yang bersembunyi di daerah gurun di sepanjang jalan. Tidak jelas apakah ada warga sipil yang turut menjadi korban.

Sementara, kelompok yang berafiliasi dengan ISIS di Mesir telah melakukan serangan di tempat lain termasuk di Kairo, dan telah mengklaim serangan tersebut telah membunuh lebih dari 100 orang Kristen Koptik sejak Desember.


(WIL)