Anak Perempuan Di Bawah 14 Tahun Kurang Menikmati Masa Anak-anak

Annisa ayu artanti    •    Sabtu, 08 Oct 2016 03:31 WIB
unesco
Anak Perempuan Di Bawah 14 Tahun Kurang Menikmati Masa Anak-anak
Ilustrasi. (AFP)

Metrotvnews.com, London: Anak perempuan usia lima hingga 14 tahun lebih banyak melakukan pekerjaan rumah tanpa bayaran, dibandingkan dengan anak laki-laki seusianya. Sekitar 40 persen waktu anak perempuan dihabiskan melakukan pekerjaan rumah.

Berdasarkan laporan PBB menjelang Hari Anak perempuan Internasional yang dikutip dari Reuters, 8 Oktober 2016, akibatnya mereka kehilangan peluang belajar dan menikmati masa kanak-kanaknya.

Mereka mengerjakan pekerjaan seperti memasak, membersihkan rumah, menjaga anggota keluarga lain, serta mengumpulkan air dan kayu bakar.

PBB juga mensurvei anak perempuan di Asia Selatan, Timur Tengah, dan sebagian Afrika. Dalam laporannya menemukan bahwa anak perempuan usia 10 hingga 14 menanggung beban tugas paling tidak seimbang di Burkina, Faso, Yaman, dan Somalia.

"Beban berlebih untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang tidak dibayar dimulai pada awal masa kanak-kanak dan semakin meningkat ketika anak. Sebagai akibatnya, anak perempuan mengorbankan peluang penting untuk belajar, tumbuh dan menikmati masa kanak-kanak," kata penasihat gender UNICEF Anju Malhotra.

Sekadar informasi, hari Anak Perempuan Internasional akan jatuh pada 11 Oktober mendatang. Hari Anak Perempuan Internasional dibuat oleh PBB pada 2011 untuk mengakui hak 1,1 miliar anak perempuan di seluruh dunia dan tantangan yang mereka hadapi.


(LDS)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA